Scroll untuk baca artikel
Nasional

One Way dan Contraflow Lancarkan Arus Mudik, Petugas Kepolisian Sigap Atur Lalu Lintas

×

One Way dan Contraflow Lancarkan Arus Mudik, Petugas Kepolisian Sigap Atur Lalu Lintas

Sebarkan artikel ini
One Way dan Contraflow Lancarkan Arus Mudik

Perisainews.com – Jakarta, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) gencar menerapkan rekayasa lalu lintas berupa One Way dan Contraflow di berbagai ruas jalan tol demi kelancaran arus mudik Lebaran 2024. Upaya ini terbukti ampuh mengurai kemacetan dan mempercepat perjalanan para pemudik.

Kebijakan One Way dan Contraflow yang mengimplementasikannya berdasarkan pertimbangan volume kendaraan yang tinggi. Serta kepadatan arus lalu lintas di beberapa titik. Hal ini, seperti yang disampaikan oleh Gunawan, pemudik asal Ngawi Jawa Timur menuju Jakarta. Sangat membantu para pemudik dalam mencapai tujuan dengan lancar.

“Kalau buat saya pribadi manfaat One Way karena One Way posisinya kosong sepi jadi lancar. Alhamdulillah sampai tujuan kampung halaman juga enggak ada kendala sama sekali,” ujar Gunawan, Rabu (17/4/2024). Mengutip dari situs resmi Humas Polri.

Baca Juga:  Dandim 1606 Mataram bersama Kapolresta Mataram Gelar Apel Pengamanan dan Tinjau Pos Pelayanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Soroti Kecelakaan di KM 58 dan Bus Rosalia Indah

Namun, Gunawan juga menyoroti kecelakaan yang terjadi di KM 58 dan Bus Rosalia Indah, yang ia menduga penyebabnya adalah faktor kelelahan pengemudi dan muatan berlebih. Ia mengimbau agar para pemudik selalu memperhatikan kondisi kesehatan. Serta memastikan kendaraan dalam keadaan prima sebelum melakukan perjalanan.

“Tanggapan saya kemarin yang di KM 58 mungkin kondisi drivernya ngantuk muatannya terlalu overload jadi membahayakan, sedangkan Bus Rosalia mungkin terlalu capek ngantuk jadi emang kesalahannya enggak istirahat dulu soalnya kalo ngantuk kan harusnya istirahat biar segar lagi lanjut perjalanan lagi,” ungkap Gunawan.

Senada dengan Gunawan, Fauzi Rizal, pemudik dari Kuningan Jawa Barat menuju Bekasi, juga merasakan manfaat One Way dalam melancarkan arus mudik.

Baca Juga:  Generasi Muda Lombok Barat Dibekali Cinta Tanah Air melalui Program Babinsa Masuk Pesantren/Sekolah

“Dengan adanya jalur One Way memang arus mudik sangat terbantu. Sehingga kemacetan kemacetan yang dulu sekarang mungkin sudah teratasi dengan adanya jalur One Way,” kata Fauzi Rizal.

“Sangat membantu efektif sampai jalur yang ditentukan kita masuk jalur lagi itu sangat efektif. Positifnya adanya jalur One Way kepada saya sebagai pemudik, mudik sekarang lebih lancar dan nyaman,” tegasnya.

Fauzi pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh petugas Kepolisian. Menurutnya, Kepolisian yang telah sigap membantu para pemudik selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

“Saya ucapkan juga buat satuan Polri telah membantu arus mudik ini bahkan sampai di rest areapun mereka masih mengatur tempat parkirnya itu kami ucapkan terima kasih untuk Polri,” pungkasnya.

Baca Juga:  Dandim 1606 Mataram Serahkan Konci RTLH Serta Berikan Bantuan Dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H dan Hari Raya Nyepi 1945 Saka

Keberhasilan rekayasa lalu lintas One Way dan Contraflow dalam melancarkan arus mudik Lebaran 2024 menunjukkan komitmen dan kesigapan Polri dalam menjaga keamanan dan kelancaran perjalanan masyarakat. Upaya ini patut mendapat apresiasi dan menjadi contoh untuk pelaksanaan arus mudik di tahun-tahun mendatang.