Scroll untuk baca artikel
NasionalTeknologi

Apple Jalin Kerjasama Strategis dengan Indonesia: Kemungkinan Manufaktur dan Investasi Teknologi Terbuka Lebar

×

Apple Jalin Kerjasama Strategis dengan Indonesia: Kemungkinan Manufaktur dan Investasi Teknologi Terbuka Lebar

Sebarkan artikel ini
Apple Jalin Kerjasama Strategis dengan Indonesia
Image By Kepresidenan RI/BPMI Setpres

Jakarta, Kabar gembira datang dari dunia teknologi, raksasa teknologi Apple menjalin kerjasama strategis dengan Indonesia. Dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan CEO Apple Tim Cook di Istana Merdeka, Rabu (17/4), terungkap berbagai peluang ekspansi Apple di Indonesia, termasuk kemungkinan manufaktur dan investasi teknologi yang lebih dalam.

Ekspansi Apple Developer Academy dan Peluang Manufaktur

Salah satu poin penting dalam pertemuan ini adalah rencana untuk menambah Apple Developer Academy keempat di Indonesia. Saat ini, terdapat tiga akademi yang tersebar di Surabaya, Batam, dan Tangerang. Penambahan akademi di Bali ini menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan talenta digital di Indonesia.

Menariknya, Presiden Jokowi mendorong untuk mempertimbangkan pembangunan pabrik manufaktur di Indonesia. Hal ini disambut positif oleh Tim Cook, yang menyatakan bahwa Apple akan mempertimbangkan permintaan tersebut. Kemampuan investasi di Indonesia dinilai Tim Cook tak ada habisnya, dan percaya pada potensi investasi yang besar di negara ini.

Integrasi Lebih Dalam ke Rantai Pasok Global dan Pusat Inovasi

Pertemuan ini juga membahas tentang integrasi yang lebih dalam ke dalam rantai pasok global. Indonesia diketahui memiliki sejumlah komponen perangkat yang siap diproduksi. Oleh karena itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita akan melakukan proses business matching untuk mencocokkan komponen-komponen tersebut dengan kebutuhannya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengajak untuk membentuk pusat inovasi yang bekerja sama dengan universitas terbaik di Indonesia. Tujuannya adalah untuk pengembangan sumber daya manusia dan meningkatkan kualitas talenta digital di Tanah Air. Tim Cook menyambut baik usulan ini dan menyatakan bahwa mereka akan menindaklanjutinya.

Baca Juga:  Terpenuhinya Kebutuhan Air Untuk Rumah Tangga, Babinsa Buwun Sejati Bersama Masyarakat Lakukan Pemasangan Pipa Untuk Saluran Air Pertanian

Peran Penting Indonesia bagi Apple

Tim Cook menyampaikan rasa gembiranya terhadap kinerja ketiga Apple Developer Academy yang telah meluluskan ribuan pengembang aplikasi handal. Ia juga menyebut bahwa Indonesia merupakan pasar penting bagi dan memiliki banyak potensi investasi yang bagus.

Kunjungan Tim Cook ke Indonesia kali ini menunjukkan komitmen Apple untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan Indonesia. Kerjasama strategis ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi kedua belah pihak, baik dalam hal pengembangan teknologi, ekonomi, maupun sumber daya manusia.