Scroll untuk baca artikel
Hukrim

Begal Sadis Kelapa Gading Dibekuk, Motor Curian Buat Pesta Narkoba

×

Begal Sadis Kelapa Gading Dibekuk, Motor Curian Buat Pesta Narkoba

Sebarkan artikel ini
Begal Sadis Kelapa Gading Dibekuk, Motor Curian Buat Pesta Narkoba
Jakarta, Polsek Kelapa Gading berhasil membongkar sindikat begal sadis yang meresahkan warga di kawasan pertokoan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Dalam aksinya, komplotan beranggotakan lima orang ini tak segan mengancam korban dengan senjata tajam untuk merampas sepeda motor.

Begal Terekam CCTV, 3 Pelaku Ditangkap

Kapolsek Kelapa Gading, Kompol Maulana Mukarom, mengungkapkan bahwa aksi begal ini terjadi pada 22 Juni 2024 dini hari. Kelima pelaku yang membawa senjata tajam berhasil mencuri dua sepeda motor yang terparkir di depan sebuah kafe. Aksi brutal mereka terekam jelas oleh kamera CCTV.

“Mereka berbekal senjata tajam dan tidak segan melukai korbannya,” tegas Kompol Maulana dalam konferensi pers, Kamis (11/7/2024).

Berbekal rekaman CCTV dan laporan korban, Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Kelapa Gading yang dipimpin AKP Emir Maharto Bustarosa segera melakukan penyelidikan. Hasilnya, tiga dari lima pelaku berhasil diringkus, yaitu LA (26), NIA (18), dan FP (24).

Baca Juga:  Tim Reserse Kriminal Polsek Binjai Berhasil Meringkus Pelaku Curanmor

Penangkapan tidak berjalan mulus. Dua pelaku sempat melawan dan mencoba melarikan diri, sehingga petugas terpaksa mengambil tindakan tegas terukur. Ketiganya akhirnya berhasil diamankan di kawasan Tanah Merah, Kelapa Gading.

Tes Urine Positif Narkoba, Hasil Curian untuk Pesta Sabu

Setelah dilakukan tes urine, ketiga pelaku terbukti positif mengonsumsi narkoba. LA, otak dari komplotan ini, mengaku telah beberapa kali melakukan aksi pencurian sepeda motor.

“Motor curian mereka jual seharga Rp 2,5 juta dan uangnya digunakan untuk pesta narkoba,” ungkap Kompol Maulana.

Lebih lanjut, LA mengaku bahwa komplotan ini selalu mengonsumsi sabu sebelum beraksi. Kebiasaan buruk ini telah berlangsung selama dua tahun terakhir.

Baca Juga:  Polisi Mengamankan Pelaku Pengeroyokan Terhadap Anggota Babinsa TNI di Jakarta Selatan

Modus Operandi: Rusak Kunci Motor dengan Kunci T, Ancam Korban dengan Sajam

Modus operandi komplotan ini terbilang sadis. Mereka mengincar sepeda motor yang terparkir, merusak kunci motor menggunakan kunci T, dan tidak segan mengancam korban dengan senjata tajam jika melawan.

Polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti, termasuk rekaman CCTV, pakaian yang digunakan pelaku saat beraksi, dan dua sepeda motor yang digunakan untuk operasi.

Dua Pelaku Masih Buron, Polsek Kelapa Gading Komitmen Jaga Keamanan

Meski tiga pelaku telah ditangkap, dua lainnya masih buron. Polsek Kelapa Gading berkomitmen untuk terus memburu mereka dan memastikan keamanan serta ketertiban di wilayah Kelapa Gading dan Jakarta Utara secara umum.

Baca Juga:  Pesulap Oge Arthemus Ditangkap Polisi karena Tanam Ganja di Rumah

“Kami tidak akan segan-segan mengambil tindakan tegas terukur jika ada pelaku tindak pidana yang meresahkan masyarakat,” tegas Kompol Maulana.

Ketiga pelaku yang telah ditangkap akan dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke-4 dan ke-5 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman penjara hingga tujuh tahun.

Polisi Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Polisi mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan meningkatkan keamanan sepeda motornya. Hindari memarkir motor di tempat sepi dan gelap, serta gunakan kunci ganda untuk mempersulit aksi pencurian.

Dengan terungkapnya sindikat begal sadis ini, diharapkan keamanan di wilayah Kelapa Gading dan sekitarnya dapat lebih terjaga. Warga pun dihimbau untuk tidak ragu melaporkan kejadian mencurigakan kepada pihak kepolisian.