Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

7 Trik Jitu Ini Bisa Mengeluarkan Duri Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

×

7 Trik Jitu Ini Bisa Mengeluarkan Duri Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

Sebarkan artikel ini
7 Trik Jitu Ini Bisa Mengeluarkan Duri Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan
Ilustrasi, Image by asier_relampagoestudio on Freepik

Makan ikan memang lezat, kaya protein, dan menyehatkan. Tapi, ada kalanya momen nikmat itu berubah menjadi mimpi buruk ketika duri ikan yang nakal tersangkut di tenggorokan. Rasa perih, gatal, dan sensasi tertusuk bisa membuat panik dan mengganggu aktivitas.

Jangan khawatir! Duri ikan yang tersangkut di tenggorokan tidak selalu membutuhkan bantuan medis. Ada beberapa trik sederhana yang bisa Anda coba untuk mengeluarkannya sendiri. Berikut 7 trik jitu yang bisa Anda coba:

1. Batuk Kuat dan Terarah

Batuk kuat dan terarah dapat menghasilkan ekspirasi (hembusan napas) yang kuat, mendorong duri ikan keluar dari tenggorokan. Caranya, fokuskan batuk pada area di mana duri ikan tersangkut. Lakukan dengan gerakan ekspirasi yang kuat dan eksplosif, seperti saat Anda ingin membersihkan debu dari permukaan.

Baca Juga:  Misi Kemanusiaan Dokter Arab Saudi di Indonesia, Senyuman Baru untuk Anak-Anak Penderita Jantung

Tips untuk batuk yang efektif:

  • Posisi: Duduk tegak atau sedikit condong ke depan. Posisi ini membantu membuka jalur pernapasan dan memudahkan duri keluar.
  • Fokus: Rasakan area di mana duri ikan tersangkut. Konsentrasikan batuk pada area tersebut.
  • Kekuatan: Lakukan batuk dengan kuat dan eksplosif. Gunakan hembusan napas yang maksimal untuk mendorong duri keluar.
  • Ulangi: Jika duri belum keluar, ulangi batuk beberapa kali.

2. Minum Air Putih

Menelan air putih secara perlahan dapat membantu melumasi tenggorokan dan mendorong duri ikan turun ke perut. Lakukan dengan menelan beberapa teguk air secara berturut-turut. Pastikan Anda minum air putih biasa, bukan air dingin atau air panas.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki efek pelumas yang dapat membantu melunakkan duri ikan dan membuatnya lebih mudah ditelan. Tekstur licin dari minyak zaitun akan melapisi duri, sehingga mengurangi rasa perih dan membantu duri tergelincir turun ke kerongkongan tanpa menusuk.

Baca Juga:  Calon Anggota DPRD Wanita Termuda Partai Gerindra Dapil Gunungsari-Batulayar Laksanakan "Jum'at Peduli"

Cara menggunakannya pun mudah:

  1. Siapkan satu sendok makan minyak zaitun.
  2. Minumlah minyak zaitun secara langsung.
  3. Telan perlahan dan rasakan efek pelumasnya membantu duri ikan meluncur turun.

4. Roti Tawar

Roti tawar yang dibasahi air dapat membantu menempel pada duri ikan dan mendorongnya keluar saat ditelan. Kunyah roti tawar dengan baik dan telan secara perlahan. Pastikan roti cukup basah agar mudah ditelan dan tidak tersedak.

5. Pisang

Tekstur pisang yang lembut dan mudah ditelan dapat membantu mendorong duri ikan keluar dari tenggorokan. Konsumsi pisang matang yang dihaluskan atau dipotong kecil-kecil.

6. Cuka

Sifat asam pada cuka dapat membantu melarutkan duri ikan yang terbuat dari kalsium. Campurkan dua sendok makan cuka dengan air hangat dan minumlah perlahan.

Baca Juga:  10 Cara agar Bisa Tidur Cepat Bagi Penderita Insomnia

7. Marshmallow

Marshmallow memiliki tekstur lengket yang dapat membantu menempel pada duri ikan dan membawanya keluar saat ditelan. Kunyah marshmallow dengan baik dan telan secara perlahan.

Penting Diingat!

Jika duri ikan tidak kunjung keluar setelah mencoba beberapa trik di atas, segera hubungi dokter atau layanan kesehatan darurat. Jangan mencoba menusuk atau mendorong duri ikan dengan jari atau benda lain karena dapat memperparah situasi.