Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Gampang Banget! Cara Hitung Kalori Harian Buat Diet Sukses

×

Gampang Banget! Cara Hitung Kalori Harian Buat Diet Sukses

Sebarkan artikel ini
Gampang Banget! Cara Hitung Kalori Harian Buat Diet Sukses
Cara Hitung Kalori Harian Buat Diet Sukses. FREEPIK.

perisainews.com – Cara hitung kalori menjadi topik hangat di tengah tren gaya hidup sehat. Bukan hanya bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, menghitung kalori harian juga penting untuk menjaga kesehatan dan mencapai berat badan ideal. Namun, bagaimana cara menghitungnya dengan tepat? Artikel ini akan mengupas tuntas panduan lengkap menghitung kalori harian, lengkap dengan rumus, faktor penentu, dan tips praktis.

Mengapa Kalori Penting?

Kalori adalah satuan energi yang kita dapatkan dari makanan dan minuman. Tubuh kita membutuhkan kalori untuk menjalankan berbagai fungsi, mulai dari bernapas, bergerak, hingga berpikir. Asupan kalori yang seimbang dengan kebutuhan tubuh akan membantu menjaga berat badan ideal, meningkatkan energi, dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

Rumus Ajaib: Menghitung Kebutuhan Kalori Harian

Kebutuhan kalori harian setiap individu berbeda-beda. Faktor-faktor seperti jenis kelamin, usia, berat badan, tinggi badan, dan tingkat aktivitas fisik turut mempengaruhi jumlah kalori yang dibutuhkan. Berikut adalah rumus umum untuk menghitung kebutuhan kalori harian:

Pria:

66,5 + (13,75 x berat badan dalam kilogram) + (5,003 x tinggi badan dalam cm) – (6,75 x usia)

Wanita:

655,1 + (9,563 x berat badan dalam kilogram) + (1,850 x tinggi badan dalam cm) – (4,676 x usia)

Contoh:

Seorang pria berusia 30 tahun dengan berat badan 70 kg dan tinggi badan 175 cm memiliki kebutuhan kalori harian sekitar:

66,5 + (13,75 x 70) + (5,003 x 175) – (6,75 x 30) = 1795 kalori

Tingkat Aktivitas: Faktor Kunci Penyesuaian Kalori

Selain rumus dasar, tingkat aktivitas fisik juga perlu diperhitungkan. Semakin aktif seseorang, semakin banyak kalori yang dibutuhkan. Berikut adalah panduan umum untuk menyesuaikan kebutuhan kalori berdasarkan tingkat aktivitas:

  • Kurang Aktif: Kalikan nilai BMR (Basal Metabolic Rate) dengan 1,2.
  • Aktif Ringan: Kalikan nilai BMR dengan 1,375.
  • Cukup Aktif: Kalikan nilai BMR dengan 1,55.
  • Sangat Aktif: Kalikan nilai BMR dengan 1,725.
Baca Juga:  Denkesyah Mataram dan Kodim 1606/Mataram Gelar Penyuluhan Kesehatan: Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Pencegahan Stunting pada Anak

Contoh:

Jika BMR pria pada contoh sebelumnya adalah 1795 kalori, maka kebutuhan kalori hariannya jika ia cukup aktif adalah:

1795 x 1,55 = 2782 kalori

Kebutuhan Rata-rata Kalori Harian

Secara umum, wanita dewasa membutuhkan sekitar 2.100 kalori per hari, sementara pria dewasa membutuhkan sekitar 2.500 kalori per hari. Namun, angka ini hanyalah rata-rata dan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Tips Praktis Menghitung Kalori Harian

  • Gunakan Aplikasi: Banyak aplikasi penghitung kalori tersedia secara gratis di smartphone. Aplikasi ini memudahkan Anda melacak asupan kalori harian dan menyesuaikannya dengan target Anda.
  • Baca Label Makanan: Biasakan membaca label makanan untuk mengetahui kandungan kalori dan nutrisi lainnya.
  • Konsultasi Ahli Gizi: Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau tujuan khusus seperti menurunkan berat badan, konsultasikan dengan ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.
Baca Juga:  Tips Meningkatkan Kesehatan dalam Waktu Kurang dari 5 Menit

Menghitung kalori harian bukan sekadar tren, melainkan langkah penting untuk mencapai kesehatan optimal. Dengan memahami rumus, faktor penentu, dan tips praktis, Anda dapat mengontrol asupan kalori dengan lebih baik dan mencapai tujuan kesehatan Anda. Ingatlah, konsistensi adalah kunci. Jadikan penghitungan kalori sebagai bagian dari gaya hidup sehat Anda.