Scroll untuk baca artikel
Gaya Hidup

Cara Ampuh Mengatasi Jamur di Baju yang Membandel, untuk Pakaian Kesayangan Anda

×

Cara Ampuh Mengatasi Jamur di Baju yang Membandel, untuk Pakaian Kesayangan Anda

Sebarkan artikel ini
Cara Ampuh Mengatasi Jamur di Baju yang Membandel
Cara Ampuh Mengatasi Jamur di Baju yang Membandel. Ilustrasi, FREEPIK.

perisainews.com – Jamur di baju bukan hanya merusak penampilan, tapi juga bisa menimbulkan bau tidak sedap dan masalah kesehatan. Kabar baiknya, ada banyak cara mudah dan efektif untuk menghilangkan jamur di pakaian. Artikel ini akan membahas tuntas cara-cara tersebut, mulai dari langkah pencegahan hingga solusi ampuh untuk jamur yang sudah terlanjur menempel.

Mengapa Jamur Mudah Tumbuh di Pakaian?

Sebelum membahas cara menghilangkan jamur, penting untuk memahami mengapa jamur bisa tumbuh di pakaian. Jamur menyukai lingkungan yang lembap dan gelap. Pakaian yang disimpan dalam keadaan lembap atau di tempat yang kurang sirkulasi udara menjadi sasaran empuk bagi pertumbuhan jamur. Selain itu, keringat dan kotoran yang menempel di pakaian juga bisa menjadi sumber makanan bagi jamur.

Pencegahan Lebih Baik daripada Mengobati

Mencegah jamur tumbuh di pakaian tentu lebih mudah daripada menghilangkannya. Berikut beberapa tips pencegahan yang bisa Anda terapkan:

  • Pastikan pakaian benar-benar kering sebelum disimpan. Jangan terburu-buru menyimpan pakaian yang belum kering sempurna, terutama di lemari yang tertutup.
  • Simpan pakaian di tempat yang kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Hindari menyimpan pakaian di tempat lembap seperti kamar mandi.
  • Jangan menumpuk pakaian kotor terlalu lama. Segera cuci pakaian kotor untuk mencegah pertumbuhan jamur.
  • Gunakan produk antijamur untuk lemari dan laci. Produk ini bisa membantu mencegah pertumbuhan jamur di tempat penyimpanan pakaian.

Cara Menghilangkan Jamur di Baju

Jika jamur sudah terlanjur tumbuh di pakaian, jangan khawatir. Berikut beberapa cara ampuh untuk menghilangkannya:

Baca Juga:  Libur Sekolah, Aruna Senggigi Siapkan Aneka Permainan Edukatif Untuk Anak-Anak

1. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Sinar matahari adalah pembunuh alami jamur. Jemur pakaian yang berjamur di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam. Sinar UV dari matahari akan membantu membunuh spora jamur dan menghilangkan bau apek.

2. Cuci dengan Air Panas

Air panas juga efektif membunuh jamur. Cuci pakaian yang berjamur dengan air panas dan deterjen. Jika memungkinkan, gunakan air dengan suhu minimal 60 derajat Celsius. Pastikan untuk memeriksa label perawatan pakaian terlebih dahulu untuk memastikan pakaian aman dicuci dengan air panas.

3. Gunakan Cuka Putih

Cuka putih memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Campurkan cuka putih dengan air dengan perbandingan 1:1, lalu semprotkan atau rendam pakaian yang berjamur dalam larutan tersebut selama 30 menit hingga 1 jam. Setelah itu, cuci pakaian seperti biasa.

Baca Juga:  13 Cara Menghilangkan Rayap di Lemari yang Aman dan Efektif

4. Gunakan Baking Soda

Baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan jamur di baju. Buat pasta dari baking soda dan air, lalu oleskan pada noda jamur. Diamkan selama beberapa jam, lalu sikat lembut dan cuci pakaian seperti biasa.

5. Gunakan Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian efektif membunuh jamur, tetapi hanya boleh digunakan pada pakaian putih. Rendam pakaian putih yang berjamur dalam larutan pemutih sesuai petunjuk pada kemasan, lalu cuci seperti biasa.

6. Gunakan Produk Penghilang Noda Khusus

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, Anda bisa mencoba menggunakan produk penghilang noda khusus yang diformulasikan untuk menghilangkan noda jamur. Ikuti petunjuk penggunaan pada kemasan produk.