Scroll untuk baca artikel
Berita

Zulkifli Hasan dan Prof Yusril Bicara Keislaman dalam Membangun Bangsa

×

Zulkifli Hasan dan Prof Yusril Bicara Keislaman dalam Membangun Bangsa

Sebarkan artikel ini

Lombok Tengah juga menyiapkan program tahunan untuk anak-anak yatim, yakni Hari Rahman Rahim. Pada kesempatan tersebut, seluruh anak yatim di Lombok Tengah yang kini berjumlah 12.137 orang, mendapatkan santunan dari Pemkab Lombok Tengah. Total untuk santunan tersebut mencapai Rp 1,2 miliar.

Dananya kata Pathul berasal dari anggaran BAZNAS Kabupaten Lombok Tengah, yang saat ini setiap tahun mampu mengumpulkan dana sebesar Rp 11 miliar.

“Kelak, kalau mereka sudah lulus menjadi dokter, merekalah yang akan terus merawat anak-anak yatim di Lombok Tengah,” kata Pathul.

Sekretaris Jenderal PBNW Prof Fahrurrozi Dahlan menyebutkan, bahwa seminar nasional dan muktamar pemikiran yang digelar Panitia Hadi NTB tersebut sebagai momentum bersejarah.

Baca Juga:  Rutin Laksanakan Patroli Dialogis dan KRYD Personel Polsek Belo Imbau Warga Jaga Kamtibmas Jelang Tahapan Pilkada

“Ini kita sedang hadir untuk melaksanakan sebuah gerakan. Nahdlatul Wathan selalu hadir untuk membina umat dengan membedah tentang konsepsi pemikiran tentang peradaban bangsa,” kata Guru Besar UIN Mataram ini.

Dia menekankan, prinsip untuk mencapai peradaban itu harus jelas identitas kebangsaan yang kita miliki . Dan alhamdulillah, Nahdlatul Wathan telah memiliki hal tersebut.

Menurutnya, pendiri Organisasi NW menyebutkan bahwa peradaban lahir karena empat faktor. Pertama adalah faktor manusia, karena manusia mampu melahirkan peradaban universal.

“NW sebagai oragnisasi terbesar di NTB menyiapkan SDM untuk melahirkan sebuah peradaban besar,” tandasnya.

Kedua, faktor pengetahuan. Sebab, karena keilmuan lah, orang bisa menembus batas cakrawala.

“Hari ini kita hadir untuk membedah pemikiran mahasantri-mahasantri Nahdlatul Wathan tetang konsep pemikiran dan demokratisasi bangsa,” ungkapnya.

Baca Juga:  Babinsa Labuan Tereng Koramil 1606-04/Gerung Bantu Warga Buat Sapi Lidi

Faktor ketiga, peradaban lahir karena faktor kesejahteraan ekonomi, sosial dan budaya. Sebab, sejahtera bagian dan peradaban itu sendiri. Sementara faktor keempat adalah identitas kebangsaan kita.

“NW hadir untuk menjembatani empat faktor peradaban itu,” tandasnya.