Scroll untuk baca artikel
Berita

Sinergi Bhabinkamtibmas Dan Babinsa Jaga Kelancaran Tradisi Nyongkolan di Desa Lanci Jaya

×

Sinergi Bhabinkamtibmas Dan Babinsa Jaga Kelancaran Tradisi Nyongkolan di Desa Lanci Jaya

Sebarkan artikel ini

Polres Dompu, NTB Tradisi adat Nyongkolan di Dusun worojaya , Desa Lanci Jaya , Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, pada Minggu (09/6/2024) sore, berjalan lancar dan aman.

Hal ini berkat sinergi Bhabinkamtibmas Desa Lanci Jaya Aiptu Safrin dan Babinsa Desa Lanci Jaya Serda Abdul Hamid dalam melakukan pengamanan.

Kapolsek Manggelewa Ipda Yadhulul Muslihin., mengatakan bahwa pengamanan Nyongkolan ini untuk memastikan keamanan dan kelancaran acara. “Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Lanci Jaya berkolaborasi untuk mengamankan kegiatan ini. Mulai dari pengaturan arus lalu lintas hingga mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas,” jelas Ipda Yadhulul Muslihin

Tradisi Nyongkolan yang merupakan bagian dari budaya Sasak ini melibatkan arak-arakan mempelai pria, Menuju rumah mempelai wanita dengan iringan musik tradisional Gendang Beleq.

Baca Juga:  Danrem 162/WB Pimpin Upacara Pelepasan Satgas Pamtas RI-RDTL: Siap Jaga Keamanan Wilayah

Rombongan Nyongkolan yang berjumlah sekitar 100 orang berjalan kaki melalui jalan Desa lintas Bima Kore kilo menuju Dusun worojaya, Desa Lanci Jaya.

Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Lanci Jaya, turun langsung ke lapangan untuk mengatur arus lalu lintas dan memastikan kelancaran Nyongkolan.
“Mereka berkoordinasi dengan panitia dan warga untuk memastikan jalur Nyongkolan aman dan lancar,” kata Kapolsek Manggelewa.

Upaya pengamanan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Lanci Jaya ini mendapat apresiasi dari masyarakat. “Terima kasih kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang sudah membantu mengamankan acara Nyongkolan ini. Berkat mereka, acara berjalan dengan lancar dan aman,” ujar Abdul Munir salah satu keluarga yang berhajat

Baca Juga:  Kebakaran Terjadi di Rumah Warga Grobogan, Tidak Ada Korban Jiwa

Tradisi Adat Nyongkolan merupakan salah satu kekayaan budaya Sasak yang perlu dilestarikan. Sinergi Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam mengamankan kegiatan ini menunjukkan komitmen mereka untuk menjaga keamanan dan kelancaran tradisi adat di wilayah hukum Polsek Manggelewa