Scroll untuk baca artikel
Berita

Review Samsung A54 5G: Kelebihan dan Kekurangan Ponsel yang Dukung Jaringan 5G

×

Review Samsung A54 5G: Kelebihan dan Kekurangan Ponsel yang Dukung Jaringan 5G

Sebarkan artikel ini
Samsung A54 5G

Salah satu smartphone kelas menengah terbaru dari Samsung adalah Samsung A54 5G. Smartphone ini menawarkan sejumlah fitur dan spesifikasi yang menarik, seperti layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan refresh rate 120 Hz, kamera belakang 50 MP dengan OIS, chipset Exynos 1380 dengan dukungan jaringan 5G, dan baterai 5.000 mAh dengan fast charging 25W. Berikut adalah ulasan lengkap dan informatif tentang harga dan spesifikasinya.

Desain dan Layar

Perangkat ini memiliki desain yang cukup serupa dengan ponsel flagship Samsung Galaxy S23 dan S23 Plus. Tampilan ponsel ini tidak lagi memiliki modul kamera belakang, melainkan kamera yang membenamkannya langsung ke cangkang ponsel. Bodi perangkat juga dengan rancangan lebih datar dan memiliki keempat sudut yang membulat. Punggung perangkat berlapir kaca pelindung dari Gorilla Glass 5 yang membuatnya memiliki aksen glossy. Selain itu, ponsel ini juga memiliki rating IP67 yang berarti tahan terhadap air dan debu.

Layar perangkat berjenis Super AMOLED seluas 6,4 inci dengan resolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) dan rasio aspek 19,5:9. Menawarkan refresh rate 120 Hz yang membuat tampilan lebih mulus dan responsif. Layar ini juga memiliki tingkat kecerahan maksimal 1.000 nits yang membuatnya tetap terlihat jelas di bawah sinar matahari. Di bagian atas layar, terdapat poni berlubang (punch hole) dengan sebutan Infinity-O yang menampung kamera selfie beresolusi 32 MP.

Kamera

Perangkat ini dibekali tiga kamera belakang yang diposisikan secara vertikal di sisi kiri atas. Konfigurasi kamera belakangnya adalah sebagai berikut:

  • Kamera utama 50 MP (f/1.8) dengan sensor IMX766 yang memiliki ukuran sensor 1/5,6 inci dan tiap piksel berukuran 1 mikron. Kamera ini juga dilengkapi fitur OIS (Optical Image Stabilization) yang membuat foto atau video lebih stabil.
  • Kamera ultra-wide 12 MP (f/2.2) dengan sudut pandang 123 derajat yang memungkinkan mengambil foto dengan bidang lebih luas.
  • Kamera makro 5 MP (f/2.4) yang dapat mengambil foto objek dengan jarak sangat dekat.
Baca Juga:  Gelar Rawan Pagi di Wilayah Hukumnya, Ini Yang Dilakukan Anggota Polsek Kayangan 

Kamera belakang perangkat dapat merekam video hingga resolusi 4K dengan frame rate 30 fps atau resolusi Full HD dengan frame rate 60 fps. Juga mendukung fitur VDIS (Video Digital Image Stabilization) yang membuat video lebih halus dan minim getaran.

Kamera selfie perangkat beresolusi 32 MP (f/2.2) dengan fitur HDR, AI Beauty, dan Live Focus. Kamera ini dapat merekam video hingga resolusi Full HD dengan frame rate 30 fps.

Performa dan Baterai

Perangkat ini ditenagai oleh chipset Exynos 1380 yang proses pembuatannya dengan fabrikasi 5 nm. Chipset ini memiliki CPU octa-core yang terdiri dari empat inti Cortex-A78 dengan kecepatan maksimal 2,8 GHz dan empat inti Cortex-A55 dengan kecepatan maksimal 2 GHz. Chipset ini juga memiliki GPU Mali-G78 MP10 yang dapat menghandle grafis dengan baik.

Baca Juga:  Buka Fashion Carnaval Pagelaran Budaya, Kapolda NTT : Ini Wujud Apresiasi terhadap Kekayaan Budaya NTT

Salah satu keunggulan perangkat ini adalah dukungan jaringan 5G yang membuat koneksi internet lebih cepat dan stabil. Ponsel ini juga mendukung dual SIM, Wi-Fi, Bluetooth, NFC, GPS, USB Type-C, dan jack audio 3,5 mm.