Scroll untuk baca artikel
BeritaPeristiwa

Respon Cepat Polsek Blimbing Amankan ODGJ yang Resahkan Warga

×

Respon Cepat Polsek Blimbing Amankan ODGJ yang Resahkan Warga

Sebarkan artikel ini
Respon Cepat Polsek Blimbing Amankan ODGJ yang Resahkan Warga

Perisainews.com, Malang– Polsek Blimbing bergerak cepat merespon keresahan warga terkait beredarnya video yang menunjukkan seorang Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berinisial S (45) membawa senjata tajam jenis celurit di Jalan Karya Timur, Kelurahan Polowijen, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, pada Minggu (24/3).

Aiptu Handoko, Bhabinkamtibmas Kelurahan Polowijen, yang mendapatkan laporan tersebut langsung mendatangi rumah S bersama anggota piket patroli Polsek Blimbing, Kapuskessos Polowijen, Babinsa, dan relawan Dinas Sosial Kota Malang.

“Setelah kami datangi dan lakukan pengecekan, benar bahwa S adalah ODGJ yang sering membuat resah warga dengan membawa celurit,” kata Handoko.

Handoko menjelaskan, S sudah lama mengidap gangguan jiwa dan sering berperilaku seperti itu. “Untuk menciptakan ketentraman dan mencegah hal yang tidak kita inginkan, memutuskan untuk mengevakuasinya,” unjarnya.

Baca Juga:  Menjamin Rasa Aman di Tempat Umum, Sat Samapta Polres Sumbawa Barat Melaksanakan Patroli

Handoko dan tim gabungan memutuskan untuk mengevakuasi S ke RSJ Radjiman Wediodiningrat (RSJ Sbr. Porong Lawang).

Evakuasi dengan menggunakan mobil ambulans Dinas Sosial Kota Malang. Kami juga berkoordinasi dengan keluarga S agar selama di RSJ mendapatkan perawatan dan pengawasan yang maksimal,” ujar Handoko.

Kapolsek Blimbing, Kompol Kompol Partahan Octavianees Panjaitan,S.H., M.H, mengapresiasi respon cepat anggotanya dalam menangani keresahan warga.

“Ini merupakan bentuk komitmen Polsek Blimbing dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kami akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk menangani permasalahan ODGJ di wilayah Blimbing,” kata Kompol Octavianees.

Kompol Octavianees menghimbau kepada masyarakat untuk segera melapor ke pihak kepolisian jika melihat atau mengetahui adanya ODGJ yang berkeliaran dan meresahkan warga.

Baca Juga:  Atasi Kesulitan Air Bersih, Babinsa Labuan Tereng Bersama Warga Pasang Pipa Saluran Air Sumur Bor

“Dengan respon cepat dan kerjasama semua pihak, harapannya situasi kamtibmas di wilayah Blimbing dapat tetap kondusif,” pungkasnya.

Apresiasi dan Himbauan

Tindakan cepat Polsek Blimbing dalam menangani keresahan warga terkait ODGJ ini patut mendapat apresiasi. Hal ini menunjukkan komitmen Polsek Blimbing dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Juga menghimbau Masyarakat untuk segera melapor ke pihak kepolisian jika melihat atau mengetahui adanya ODGJ yang berkeliaran dan meresahkan warga. Dengan respon cepat dan kerjasama semua pihak, diharapkan situasi kamtibmas di wilayah Blimbing dapat tetap kondusif.

Koordinasi dengan berbagai pihak terkait, seperti Dinas Sosial dan keluarga ODGJ, sangat penting untuk memastikan ODGJ mendapatkan perawatan dan pengawasan yang maksimal. Hal ini untuk mencegah ODGJ kembali berkeliaran dan meresahkan warga.

Baca Juga:  Bentuk Pelayanan Prima, Personil Polsek Madapangga Siaga Gantur Lantas Hingga Tengah Malam

Penanganan ODGJ memang memerlukan kerjasama semua pihak. Dengan respon cepat, koordinasi yang baik, dan perawatan yang maksimal, diharapkan ODGJ dapat hidup dengan layak dan tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain.