Scroll untuk baca artikel
Berita

Rektor UIN Mataram Prof Masnun Dapat 348 Dukungan Jadi Pj Gubernur NTB

×

Rektor UIN Mataram Prof Masnun Dapat 348 Dukungan Jadi Pj Gubernur NTB

Sebarkan artikel ini

 

Mataram – Ratusan warga yang tergabung dalam Forum Masyarakat NTB Satu ramai-ramai datangi kantor DPRD NTB. Rupanya ratusan warga ini datang membawa 348 surat dukungan Rektor UIN Mataram Prof. Masnun Tahir sebagai penjabat (Pj) Gubernur NTB.

Koordinator Forum Masyarakat NTB Satu Lalu Daud Nurjadi mengatakan bahwa 348 surat dukungan ini diserahkan dua kali ke kantor DPRD NTB. Menurut Daud, dengan adanya ratusan surat dukungan tersebut kans Prof Masnun Tahir menjadi Pj Gubernur NTB dinilai terbuka lebar.

“Total ada 348 surat dukungan. Pada hari Senin (10/7/2023) kemarin sejumlah 73 surat dukungan dan sekarang 275 surat dukungan,” kata Daud di Kantor DPRD NTB, Jumat sore (14/7/2023).

Menurut Daud ratusan surat dukungan ini datang dari berbagai organisasi masyarakat baik di pulau Sumbawa dan Pulau Lombok. Bahkan kata Daud, hampir seluruh lapisan organisasi masyarakat dari 5 kabupaten Kota di Lombok mendukung Rektor UIN Mataram menjadi Pj Gubernur NTB.

Baca Juga:  Mengatakan Tidak: Cara Menolak dengan Sopan tanpa Menyusahkan Diri Sendiri

“Semua dukungan ini mewakili baik dari unsur pemuda unsur tokoh masyarakat. Aspirasi murni dari kami bukan dari gerakan atau salah satunya,” katanya.

Daud mengatakan bahwa syarat Rektor sebagai eselon I sangatlah bisa menjadi Pj Gubernur NTB. Daud juga menyampaikan tujuan menyerahkan dukungan Pj Gubernur itu adalah salah satu langkah yang dihimpun agar NTB ke depan di jabat oleh orang berkompeten selama 1,5 tahun selama proses pemilihan gubernur yang baru.

“Tujuannya jangan sampai kita dipimpin orang tidak kompeten. Mudahan aspirasi menjadi pertimbangan Fraksi yang ada di DPRD NTB agar bisa dijadikan usulan. Dukungan ini akan terus bertambah dan perwakilan dari semua daerah,” tuturnya.

Baca Juga:  Tampah Hills Santuni Ratusan Warga Desa Mekarsari Lombok Tengah

Ditanya soal posisi Prof Masnun duduk sebagai pejabat struktural sesuai dengan Keppres 199/1998 menyatakan bahwa Dosen sebagai Tenaga Fungsional memiliki Tugas Utama adalah Tri Dharma Perguruan Tinggi, Daud malah mengatakan bahwa syarat itu bukanlah urusan Forum.

“Intinya kami sangat tau sipak terjang Prof Masnun, itulah sebabnya kami mengumpulkan dukungan. Itu akan kita bahas di forum lain saja. Aturan itu kita bahas, kita kaji. Nanti ada kawan-kawan rekan lain yang akan mengkaji apakah terpenuhi atau tidak,” ujarnya.

Daud menuturkan, selama ini Rektor UIN Mataram sendiri belum mengetahui dukungan yang diberikan oleh forum. Namun dia yakin bahwa langkah ini akan mendapatkan apresiasi oleh Prof Masnun.

Baca Juga:  Babinsa Bentek Bersama Mahasiswa Universitas Agama Budha Malang Jawa Timur Bersihkan Sampah Sepanjang Pesisir Pantai Bentek Lombok Utara

“Beliau tidak tahu kalau ada dukungan ini. Saat ini beliau sedang di Jakarta. Meskipun kita tidak informasikan rencana hari ini. Tapi saya yakin beliau mengetahui dukungan ini,” katanya.

Sekretaris Dewan NTB Surya Bahari menyampaikan bahwa DPRD NTB akan menerima secara langsung surat dukungan Pj gubernur dari kalangan manapun.

“Semua pimpinan sedang ada tugas sehingga saya, Ketua Komisi V DPRD NTB Lalu Hardian Irfani dan Ketua Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD NTB Akhdiansyah ditugaskan untuk menemui teman-teman,” katanya.

“Apa yang menjadi aspirasi teman-akan disampaikan ke pimpinan,” lanjutnya.

Terpisah, Ketua Komisi V DPRD NTB, Lalu Hardian Irfani memaparkan bahwa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode 2018-2023 akan berakhir bulan September mendatang.