Scroll untuk baca artikel
Berita

Patroli Sat-samapta Polres Bima, Pastikan Keamanan Wilayah Menjelang Tahapan Pilkada

×

Patroli Sat-samapta Polres Bima, Pastikan Keamanan Wilayah Menjelang Tahapan Pilkada

Sebarkan artikel ini

Bima, NTB (15/7) – Menjelang Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Kepolisian Resor (Polres) Bima Polda NTB meningkatkan patroli guna menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif.

Salah satu upaya itu terlihat dalam kegiatan patroli yang dilakukan oleh Satuan Samapta Polres Bima yang dikendalikan oleh Kasatnya Iptu Muhtar pada Minggu (14/07/24) sekira pukul 12.00. WITA.

Kapolres Bima AKBP Eko Sutomo S.I.K.,M.I.K., melalui Kasi Humas Iptu Adib Widayaka mengungkapkan bahwa patroli ini dilaksanakan oleh Satuan Samapta dan personel Polsek jajaran di seluruh wilayah hukum Polres Bima Langkah ini bertujuan untuk menyerap aspirasi warga serta mencegah terjadinya tindak pidana, terutama menjelang tahapan Pilkada 2024.

Baca Juga:  Cegah Banjir, Babinsa Monjok Timur Bersama Dinas PUPR dan Dinas Perdaganagan Bersihkan Got di Wilayah Pasar Cemare

“Kami berupaya hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menjalin komunikasi dengan warga,” ujar Kapolres sebagaimana diulas Adib.

Selain untuk menjaga Kamtibmas, patroli ini juga bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Kehadiran polisi di tengah masyarakat diharapkan dapat meminimalisir segala bentuk kejahatan yang mungkin terjadi, termasuk potensi gangguan keamanan terkait dinamika politik menjelang tahapan Pilkada.

Patroli yang dilakukan di Terminal tente Toko perhiasan desa Tente, Kolam renang godo desa godo kecematan. Woha, Kabupaten Bima dan beberapa tempat yang dianggap rawan terjadinya Guankamtibmas.

Dalam pelaksanaannya tim patroli berinteraksi langsung dengan warga. Personel kepolisian berkeliling ke berbagai titik strategis untuk mendengarkan keluhan, saran, dan aspirasi masyarakat. Pendekatan humanis ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara polisi dan masyarakat, serta membangun kepercayaan yang lebih baik.

Baca Juga:  Kolaborasi Jadi Kunci: Batulayar Percepat Penurunan Stunting dengan Sinergi Lintas Sektor

Dalam kesempatan tersebut, beberapa warga menyampaikan apresiasi atas kehadiran polisi yang lebih intensif. Mereka berharap kegiatan patroli ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan, tidak hanya menjelang Pilkada, tetapi juga dalam keseharian untuk menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah mereka.

“Polres Bima berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan keamanan demi terciptanya Pilkada yang aman, tertib, dan damai”. ujarnya.

Kegiatan patroli akan terus dilakukan secara rutin dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat sebagai bentuk sinergi untuk menjaga kondusifitas wilayah.

Dengan langkah-langkah preemtif yang dilakukan oleh Polres Bima, diharapkan situasi Kamtibmas di Kabupaten Bima dapat tetap terjaga dengan baik, sehingga masyarakat dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan tenang dan Pilkada 2024 dapat berlangsung dengan lancar dan damai Tutupnya.