Scroll untuk baca artikel
Berita

Galaksi-Galaksi di Awal Alam Semesta Berbentuk Seperti Papan Selancar dan Mie Kolam

×

Galaksi-Galaksi di Awal Alam Semesta Berbentuk Seperti Papan Selancar dan Mie Kolam

Sebarkan artikel ini
Galaksi-Galaksi di Awal Alam Semesta Berbentuk Seperti Papan Selancar dan Mie Kolam

perisainews.com – Para peneliti yang menganalisis gambar-gambar dari Teleskop Luar Angkasa James Webb milik NASA telah menemukan bahwa galaksi-galaksi di awal alam semesta sering berbentuk datar dan memanjang, seperti papan selancar dan mie kolam – dan jarang berbentuk bulat, seperti bola voli atau frisbee.

Menurut penulis utama Viraj Pandya, seorang NASA Hubble Fellow di Columbia University di New York, sekitar 50 hingga 80 persen galaksi yang diteliti tampak rata dalam dua dimensi. Galaksi yang berbentuk seperti mie kolam atau papan selancar tampaknya sangat umum di awal alam semesta, yang mengejutkan karena jarang ditemukan di dekat kita.

Tim peneliti berfokus pada bidang gambar inframerah dekat yang luas yang dikirimkan oleh Webb, yang dikenal sebagai Survei Rilis Ilmu Evolusi Kosmik Awal (CEERS), dan memilih galaksi-galaksi yang diperkirakan ada ketika alam semesta berusia 600 juta hingga 6 miliar tahun.

Sebagian besar galaksi jauh berbentuk seperti papan selancar dan mie kolam, tetapi ada juga yang berbentuk frisbee dan bola voli. Galaksi berbentuk bola voli merupakan yang paling jarang ditemukan dalam hasil Webb, sementara galaksi berbentuk frisbee ditemukan lebih umum mendekati “pantai” di alam semesta terdekat.

Jika kita dapat memutar kembali waktu miliaran tahun, galaksi Bima Sakti kita mungkin tampak lebih seperti papan selancar. Hipotesis ini didasarkan pada bukti baru dari Webb, di mana para teoretikus telah “memutar kembali jam” untuk memperkirakan massa Bima Sakti pada masa lalu yang berkorelasi dengan bentuknya saat itu.

Baca Juga:  Sat Samapta Laksanakan Patroli Dialogis untuk Pantau Situasi Kamtibmas

Penelitian ini adalah salah satu dari 13 program yang dipilih untuk Survei Rilis Ilmu Awal (ERS) Webb, yang memberikan akses awal kepada para ilmuwan untuk menguji kemampuan teleskop dan menghasilkan data ilmiah yang dapat diakses oleh publik. CEERS merupakan salah satu dari dua program ERS yang berfokus pada galaksi-galaksi jauh.

Sumber: NASA, Webb Telescope, EurekAlert!