Scroll untuk baca artikel
BeritaPeristiwa

Ancaman Teratasi! Polisi dan Tenaga Medis Sigap Redam Amukan ODGJ di Pacitan

×

Ancaman Teratasi! Polisi dan Tenaga Medis Sigap Redam Amukan ODGJ di Pacitan

Sebarkan artikel ini
Polisi dan Tenaga Medis Sigap Redam Amukan ODGJ di Pacitan

Pacitan, Warga Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, geger dengan amukan seorang Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) pada hari Rabu (17/4/2024) sekitar pukul 11.00 WIB. Beruntung, situasi mencekam ini berhasil meredamnya berkat kesigapan personel Polsek Kebonagung bersama tim kesehatan Puskesmas Kebonagung.

Menurut keterangan Bhabinkamtibmas Polsek Kebonagung, Bripka Deny Fajar, ODGJ tersebut mengamuk dan menimbulkan keresahan di tengah masyarakat sekitar. Segera setelah menerima laporan, Bripka Deny dan tim bergegas menuju lokasi kejadian untuk mengamankan situasi dan memastikan keselamatan warga.

“Petugas kami segera mengamankan lokasi kejadian dan membawanya ke Puskesmas Kebonagung. Untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut,” jelas Bripka Deny.

Baca Juga:  Peringatan HUT TNI ke-78: Sinergi TNI-Masyarakat dalam Mewujudkan Rumah Layak Huni di Lobar

Bersamaan dengan itu, langsung menghubungi tim kesehatan Puskesmas Kebonagung untuk membantu dalam penanganannya.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas atau Polsek Kebonagung jika melihat kejadian serupa,” pinta Bripka Deny. Ia juga menekankan agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik saat menghadapi situasi seperti ini.

Sementara itu, Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho, S.I.K., M.T., melalui Kasihumas humas.polri.go.id/2024/04/18/polisi-berhasil-redam-odgj-yang-mengamuk-resahkan-warga-di-pacitan-3/” target=”_blank” rel=”noopener”>Polres Pacitan Aiptu Thomas Alim Suheny, membenarkan kejadian tersebut. “Benar, anggota Polsek Kebonagung sudah mengamankan ODGJ tersebut dan membawanya ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan sementara,” kata Aiptu Thomas, Kamis (18/4).

Aiptu Thomas menambahkan bahwa kemungkinan akan merujuknya ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) untuk penanganan selanjutnya. “Mungkin selanjutnya akan membawanya ke RSJ, namun kami masih menunggu perkembangan dan juga dari pihak keluarga,” terangnya.

Baca Juga:  Atasi Kesulitan Air Bersih, Babinsa Labuan Tereng Bersama Warga Pasang Pipa Saluran Air Sumur Bor

Ia berharap dengan adanya kerjasama yang baik antara masyarakat dan aparat keamanan, keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat tinggal dapat terus terjaga.