Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Tips Jitu Agar Si Kecil Tetap Sehat Saat Berpuasa

×

Tips Jitu Agar Si Kecil Tetap Sehat Saat Berpuasa

Sebarkan artikel ini
Tips Jitu Agar Si Kecil Tetap Sehat Saat Berpuasa
Ilustrasi, Image by tirachardz on Freepik

Ramadan merupakan momen istimewa bagi umat Muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Tak hanya orang dewasa, momen ini juga menjadi kesempatan bagi orang tua untuk mengenalkan ibadah puasa kepada anak-anak. Memperkenalkan puasa pada anak usia dini perlu dilakukan secara bertahap agar mereka terbiasa dan siap berpuasa ketika dewasa nanti. Berikut adalah tips jitu agar si kecil tetap sehat saat berpuasa:

1. Latihan Puasa Bertahap

Awali dengan latihan puasa selama 3-4 jam saja, kemudian tingkatkan secara bertahap hingga setengah hari, sampai akhirnya si kecil mampu berpuasa seharian penuh. Dengan melatih puasa secara bertahap, anak akan lebih terbiasa dan tidak terlalu kaget saat harus berpuasa penuh.

2. Perhatikan Asupan Gizi

Pemenuhan gizi si kecil tetap menjadi prioritas utama. Pastikan mereka mendapatkan menu makanan sehat dan seimbang saat sahur dan buka puasa. Sajikan makanan yang mengandung karbohidrat, protein hewani dan nabati, sayur, buah, dan air dengan proporsi yang seimbang. Hindari makanan cepat saji dan jajanan yang tinggi gula, garam, dan lemak.

Baca Juga:  Lebih dari Sekedar Kejang: Memahami Sindrom Lennox-Gastaut dan Dampaknya

3. Sajikan Makanan Sehat dan Bergizi

Penuhi kebutuhan makanan anak dengan aneka ragam jenis pangan. Pastikan menu sahur dan buka puasa mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil. Sajikan makanan yang bergizi dan sehat agar mereka tetap bugar dan sehat selama berpuasa.

4. Ajak Anak Beraktivitas Fisik

Menjelang waktu berbuka puasa, ajak anak beraktivitas fisik ringan seperti jalan-jalan atau bermain di sekitar rumah. Aktivitas fisik akan membantu menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kebugaran si kecil selama berpuasa.

5. Resep Praktis Menu Sahur untuk Anak

Berikut adalah resep sop ayam telur puyuh yang praktis dan kaya gizi untuk menu sahur anak usia 7-9 tahun:

Baca Juga:  Dikes Lobar Gelar Tes Kebugaran bagi OPD Lingkup Pemerintahan

Bahan:

– 150 gr daging ayam
– 12 buah telur puyuh
– 2 buah wortel, potong-potong
– 100 gram kol, potong-potong
– 1 batang daun bawang
– Air secukupnya
– 3 siung bawang putih
– 5 siung bawang merah
– Garam dan gula secukupnya

Cara membuat:

1. Potong dan cuci sayuran hingga bersih.
2. Rebus ayam hingga matang, sisihkan.
3. Rebus telur puyuh hingga matang, kupas, sisihkan.
4. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
5. Masukkan wortel dan ayam yang sudah direbus, kemudian tambahkan air. Masak hingga mendidih.
6. Masukkan daun bawang, kol, dan telur puyuh rebus. Tambahkan garam dan gula secukupnya, masak hingga mendidih dan koreksi rasa.
7. Sajikan sop ayam telur puyuh dengan nasi hangat.

Baca Juga:  Mata Ikan: Penyebab, Gejala, dan Cara Menghilangkan

Tips: Resep ini dapat diubah sesuai selera dan usia anak. Pastikan anak minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka puasa. Awasi kondisi anak selama berpuasa dan konsultasikan dengan dokter jika terdapat keluhan kesehatan.

Manfaat Berpuasa untuk Anak

Melatih kedisiplinan dan kesabaran, meningkatkan rasa empati terhadap orang lain, membentuk karakter yang kuat, mengajarkan nilai-nilai spiritual, mencegah obesitas, dan meningkatkan kesehatan. Dengan persiapan dan pendampingan yang tepat, Ramadan dapat menjadi momen berharga bagi anak untuk belajar berpuasa dan meningkatkan keimanan mereka.