Scroll untuk baca artikel
GlobalPendidikan

UT Mataram Gelar MY-UT Tournament 2024 Mobile Legends Diikuti 3.546 Peserta

×

UT Mataram Gelar MY-UT Tournament 2024 Mobile Legends Diikuti 3.546 Peserta

Sebarkan artikel ini

Mataram – Dies Natalis ke 40 Universitas Terbuka dirangkaikan dengan event MY-UT Tournament 2024 ajang kompetisi Mobile Legends: Bang Bang Youth tingkat nasional. Ada 3.546 peserta pelajar SMA/SMK/sederajat.

Pertandingan MY-UT Tournament 2024 Mobile Legends: Bang Bang Youth Universitas Terbuka diikuti oleh 3.546 peserta pelajar akan bertanding secara serentak dan tersebar di 12 provinsi di 34 kabupaten/kota.

Pertandingan MY-UT Tournament 2024 ini dilaksanakan secara daring dan luring, dengan sistem pertandingan 5 vs 5 secara berjenjang dari babak penyisihan kabupaten/kota (10-11 Agustus 2024).

Pada babak penyisihan provinsi (12 Agustus 2024), penyisihan babak zona (24 Agustus 2024) dan babak final yang akan diselenggarakan di UT Pusat tanggal 1-2 September 2024.

Baca Juga:  Pertemuan Dua Maestro: Pameran "Crossing Lines" Jalin Persahabatan Indonesia-Swiss

Direktur UT Mataram, Heriyanto mengatakan pertandingan MY-UT Tournament 2024 berhadiah total 600 juta rupiah dan beasiswa pendidikan program sarjana di Universitas Terbuka.

Kegiatan MY-UT Tournament ini dapat terlaksana atas dukungan penuh dari IKA UT Pusat dan Daerah, MPL ID, Pengurus Besar E-Sport Indonesia (PbeSI), Akademi Garudaku, Provider Tri sebagai sponsor utama kegiatan ini, Gramedia Printing, mitra UT.

Menurutnya UT Mataram menghadirkan 60 tim dengan 360 peserta MY-UT Tournament 2024 yang akan bertanding mewakili masing-masing sekolahnya (SMU/SMK/sederajat) di Nusa Tenggara Barat.

“Pertandingan dilaksanakan di tiga tiga kabupaten/kota, yaitu Kota Mataram, Kabupaten Lombok Tengah, dan sumbawa/”>Kabupaten Sumbawa,” ujarnya.

Acara pembukaan pertandingan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Barat Aidy Furqan, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis Universitas Terbuka Prof. Dr. Ali Muktiyanto, Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Paken Pandiangan.

Baca Juga:  Indonesia Genjot Kerja Sama Ekonomi dengan Amerika Latin, Karibia, dan Eropa

Ketua Panitia Dies Natalis ke-40 Universitas Terbuka Mirza Permana dan Ketua MY-UT Tournament 2024 Universitas Terbuka Dr. Hendrian mengatakan acara ini dimeriahkan oleh penampilan seni Gendang Beleq khas Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Menurutnya penyelenggaraan MY-UT Tournament bertujuan untuk menumbuhkembangkan bibit-bibit unggul atlet e-Sport Indonesia. Mobile Legends game ini mempunyai sisi positif seperti: melatih kerjasama dan keterampilan tim, mengasah otak, melatih kesabaran, meningkatkan kontrol respons, meningkatkan akurasi, meningkatkan kemampuan regulasi emosi, membentuk kepribadian yang tidak impulsif dan tidak rentan stres.

Keterampilan motorik penggunaan teknologi, kerja sama tim, dan manajemen personal menjadi pendukung yang sangat cocok untuk mengikuti pendidikan di Universitas Terbuka.

Baca Juga:  Aruna Senggigi Tawarkan Paket Bermain Bersama Keluarga Jelang Libur Lebaran

Melalui kegiatan ini, Universitas Terbuka memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk menekuni dunia e-Sport namun dapat melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang pendidikan tinggi, khususnya di Universitas Terbuka.

Selain itu, melalui MY-UT Tournament ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan bakat mereka dalam bidang e-Sport, berprestasi pada level nasional, serta menjalin-hubungan antar pelajar dari berbagai daerah di Indonesia.