Scroll untuk baca artikel
EkbisGaya Hidup

Tak Puas dengan Barangnya? Begini Cara Mudah Mengajukan Pengembalian Barang di Shopee

×

Tak Puas dengan Barangnya? Begini Cara Mudah Mengajukan Pengembalian Barang di Shopee

Sebarkan artikel ini
Pengajuan Pengembalian Melalui Aplikasi Shopee

perisainews.com – Terkadang, kita sebagai pembeli online dihadapkan pada situasi di mana barang yang diterima tidak sesuai dengan ekspektasi. Hal ini bisa saja terjadi karena berbagai faktor, seperti kesalahan pengemasan, kerusakan barang, hingga ketidakcocokan produk.

Sebagai platform e-commerce ternama di Indonesia, Shopee menyediakan layanan pengembalian barang dan dana bagi para penggunanya. Prosesnya pun terbilang mudah dan praktis.

Berikut panduan lengkap cara mengajukan pengembalian barang di Shopee:

Langkah 1: Buka Menu “Pesanan Saya”

Pertama, buka aplikasi Shopee dan masuk ke menu “Pesanan Saya”. Di sini, Anda akan menemukan daftar semua pesanan yang telah Anda lakukan, baik yang sudah diterima maupun yang masih dalam proses pengiriman.

Baca Juga:  Babinsa Kuripan Timur Sambangi Pengrajin di Desa Lile Jojor

Langkah 2: Pilih Pesanan yang Ingin Dikembalikan

Temukan pesanan yang ingin Anda kembalikan dan pilih “Dikirim”. Pada halaman detail pesanan, Anda akan melihat opsi “Ajukan Pengembalian”. Klik opsi tersebut untuk memulai proses pengembalian.

Langkah 3: Pilih Alasan Pengembalian

Shopee menyediakan berbagai pilihan alasan pengembalian, seperti produk tidak sesuai pesanan, produk rusak, cacat, atau kekurangan item. Pilih alasan yang paling sesuai dengan kondisi barang yang Anda terima.

Langkah 4: Pilih Produk yang Ingin Dikembalikan

Jika Anda memesan beberapa item dalam satu pesanan, pilih produk mana yang ingin Anda kembalikan. Anda dapat memilih semua produk atau hanya beberapa saja.

Langkah 5: Upload Bukti Pendukung

Anda dapat mengupload foto atau video sebagai bukti pendukung untuk memperkuat alasan pengembalian Anda. Bukti ini dapat berupa foto produk yang tidak sesuai, rusak, atau cacat, serta bukti lainnya yang relevan.

Baca Juga:  Pantang Nyerah! 8 Ciri Khas Pengguna Media Sosial yang Kebal Sepi Interaksi

Langkah 6: Isi Deskripsi (Opsional)

Anda dapat menambahkan deskripsi singkat mengenai kondisi barang yang Anda terima. Deskripsi ini akan membantu penjual memahami situasi Anda dengan lebih baik.

Langkah 7: Konfirmasi Permintaan

Setelah semua informasi lengkap, klik tombol “Kirim” untuk konfirmasi permintaan pengembalian Anda. Shopee akan meninjau permintaan Anda dan memberikan keputusan dalam waktu 3×24 jam.

Langkah 8: Tunggu Keputusan Shopee

Shopee akan mengirimkan notifikasi melalui email dan aplikasi mengenai keputusan pengembalian Anda. Jika disetujui, Anda akan diminta untuk mengembalikan barang ke alamat yang ditentukan oleh Shopee.

Langkah 9: Kembalikan Barang

Kemas barang dengan rapi dan aman, kemudian antar ke alamat pengembalian yang telah disediakan. Pastikan Anda menyertakan label pengembalian yang disediakan oleh Shopee.

Baca Juga:  13 Cara Menghilangkan Rayap di Lemari yang Aman dan Efektif

Langkah 10: Tunggu Dana Dikembalikan

Setelah barang diterima oleh Shopee dan diverifikasi, dana Anda akan dikembalikan sesuai dengan metode pembayaran yang Anda gunakan. Proses pengembalian dana biasanya memakan waktu 1-3 hari kerja.

Tips Mengajukan Pengembalian Barang di Shopee:

Segera ajukan pengembalian barang setelah Anda menerima barangnya, pastikan Anda memilih alasan pengembalian yang tepat. Upload bukti pendukung yang jelas dan kuat, ikuti instruksi dari Shopee dengan cermat.