Scroll untuk baca artikel
BinkamNasional

SSDM Polri Raih Penghargaan Pelayanan Prima Versi PEKPPP Nasional

×

SSDM Polri Raih Penghargaan Pelayanan Prima Versi PEKPPP Nasional

Sebarkan artikel ini

perisainews.com – Jakarta, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) memberikan penghargaan bergengsi kepada Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri atas layanan assessment center berbasis komputerisasi. Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas inovasi dan peningkatan kualitas layanan publik yang dilakukan oleh Polri.

Menteri PAN RB, Abdullah Azwar Anas, mengumumkan penghargaan tersebut dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Polri yang digelar di The St. Regis, Jakarta Selatan, hari ini. Layanan assessment center SSDM Polri dinilai berhasil meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses penilaian kompetensi anggota Polri.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyambut baik penghargaan ini dan menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jajaran SSDM Polri. Ia berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh anggota Polri untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Baca Juga:  TNI-POLRI Sukseskan Penanaman Mangrove Serentak Secara Nasional di Bagek Kembar Sekotong

“Saya ucapkan selamat kepada SSDM Polri atas penghargaan ini. Semoga ini menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ujar Jenderal Sigit dalam keterangan tertulis SSDM Polri.

Assessment Center Berbasis Komputerisasi

Assessment center merupakan metode penilaian kompetensi yang komprehensif dan objektif. Dengan menggunakan teknologi komputerisasi, SSDM Polri berhasil memperluas jangkauan layanan assessment center dan meningkatkan akurasi penilaian.

Sistem assessment center berbasis komputerisasi ini memungkinkan anggota Polri untuk mengikuti tes kompetensi secara online dari berbagai lokasi. Hal ini memudahkan akses bagi anggota Polri yang bertugas di daerah terpencil. Selain itu, penggunaan teknologi komputerisasi juga mengurangi risiko kesalahan manusia dalam proses penilaian.

Baca Juga:  Babinsa Kuripan Timur Sambangi Pengrajin di Desa Lile Jojor

Inovasi dan Peningkatan Kualitas Layanan

Selain menerapkan sistem assessment center berbasis komputerisasi, SSDM Polri juga melakukan berbagai inovasi lain untuk meningkatkan kualitas layanan. Salah satunya adalah penambahan jumlah perangkat computer assisted test (CAT) dan alat pendukung lainnya.

Inovasi-inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses penilaian kompetensi anggota Polri. Dengan demikian, diharapkan anggota Polri dapat lebih cepat dan mudah mendapatkan penilaian kompetensi yang akurat dan objektif.

Penghargaan Lainnya

Selain SSDM Polri, beberapa satuan kerja lain di lingkungan Polri juga meraih penghargaan dalam PEKPPP Nasional 2023. Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan (Ditlantas Polda Sumsel) meraih penghargaan Kategori Pelayanan Prima atas layanan kepengurusan administrasi Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB).

Baca Juga:  Kontroversi Pulau Rempang: Pakar Sebut Ini Bukan Tanah Adat, Tapi Hutan!

Biro SDM Polda Sumatera Selatan (Sumsel) meraih penghargaan Kategori Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Sementara itu, Biro SDM Polda Bali, Polres Karawang, Polres Pasuruan, Polres Lamandau, Ditpolairud Polda Sumsel, Biro SDM Polda Jatim, Polres Barito Timur, dan Bidang Keuangan Polda NTB meraih penghargaan Kategori Wilayah Bebas dari Korupsi.