Scroll untuk baca artikel
Berita

Pertama di NTB: ODGJ di Lombok Barat Dapat KTP dan KK Berkat Sinergi TNI-Polri

×

Pertama di NTB: ODGJ di Lombok Barat Dapat KTP dan KK Berkat Sinergi TNI-Polri

Sebarkan artikel ini
Sinergi TNI-Polri Hadirkan Harapan Baru bagi ODGJ di Gerung Utara

Lombok Barat, NTB – Dalam sebuah langkah humanis yang memperkuat Sinergi TNI-Polri, Polsek Gerung, Polres Lombok Barat, Polda NTB, bersama jajaran terkait, melaksanakan kegiatan penyerahan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) kepada warga Kelurahan Gerung Utara yang mengalami gangguan jiwa (ODGJ).

Kapolsek Gerung, AKP I Kadek Sumerta, SH., mengatakan kegiatan yang berlangsung pada Kamis (13/6/2024), pukul 09.00 WITA ini, menyentuh tiga lingkungan di Kelurahan Gerung Utara, yaitu Babakan, Bagu, dan Pohdana.

Hadir Lurah Gerung Utara, Kasi Pemerintahan Kelurahan Gerung Utara, Kasi Sosial Kelurahan Gerung Utara, perwakilan Puskesmas Gerung.

Kemudian Bhabinkamtibmas Kelurahan Gerung Utara, dan Babinsa Kelurahan Gerung Utara. Penyerahan KTP dan KK ini merupakan wujud nyata kepedulian aparat keamanan dan pemerintah terhadap warga yang membutuhkan perhatian khusus.

Baca Juga:  Rutin Laksanakan Patroli Dialogis dan KRYD Personel Polsek Belo Imbau Warga Jaga Kamtibmas Jelang Tahapan Pilkada

“Kami berharap dengan adanya KTP dan KK, warga ODGJ di Kelurahan Gerung Utara dapat lebih mudah mengakses layanan kesehatan dan sosial yang mereka butuhkan,” ujar AKP I Kadek Sumerta.

“Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat, tanpa terkecuali,” imbuhnya.

Kegiatan ini menyasar empat warga ODGJ, yaitu NH, NR, WS, dan INS. Keempatnya menerima KTP dan KK dengan penuh haru.

Penyerahan KTP dan KK ini bukan hanya sekadar kegiatan administratif, melainkan sebuah langkah besar dalam memberikan pengakuan dan perlindungan hak-hak dasar bagi warga ODGJ. Dengan memiliki identitas resmi, mereka dapat lebih mudah mendapatkan akses ke berbagai layanan publik, termasuk kesehatan, pendidikan, dan bantuan sosial.

Baca Juga:  Jadi Pembicara Saat MPLS, Kapolsek Batukliang Paparkan Dampak Bullying Dan Narkotika

Sinergi antara TNI-Polri, pemerintah daerah, dan instansi terkait dalam kegiatan ini patut diapresiasi. Ini menunjukkan bahwa penanganan masalah sosial, seperti ODGJ, membutuhkan kerjasama lintas sektor. Kolaborasi yang baik antara berbagai pihak akan memberikan dampak yang lebih signifikan bagi masyarakat.

Ke depannya, diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Tidak hanya di Kelurahan Gerung Utara, tetapi juga di seluruh wilayah Lombok Barat. Dengan demikian, semakin banyak warga ODGJ yang dapat merasakan manfaat dari program ini.

Melalui kegiatan ini, Polsek Gerung dan seluruh pihak yang terlibat telah memberikan dukungan bagi warga ODGJ di Kelurahan Gerung Utara.