Scroll untuk baca artikel
BeritaPolitik

PDIP Target 15 Ribu Warga Diberi Layanan Kesehatan di RS Apung Laksamana

×

PDIP Target 15 Ribu Warga Diberi Layanan Kesehatan di RS Apung Laksamana

Sebarkan artikel ini

Ia mengatakan, Kapal RS Terapung Laksamana Malahayati milik PDI Perjuangan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Tak hanya itu, pihaknya juga menggelar sosial/”>bakti sosial lainnya.

“Saya perlu menyampaikan kapal rumah sakit terapung ini ide cemerlang dari PDIP dalam rangka pengabdian kepada masyarakat termasuk dalam hal ini pelayanan bakti sosial dan bakti kesehatan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kapten Kapal RS Laksamana Malahayati yakni Kapten Chrisner menyampaikan bahwa sejak diresmikan pada pertengahan Juni 2023, Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati telah singgah di 10 daerah yang ada di Indonesia. Pelabuhan Lembar Lombok Barat, menjadi pelabuhan ke-26 yang disinggahi RS Apung Laksamana Malahayati. RS Apung Laksamana Malahayati dioperasikan 13 anak buah kapal dengan 7 tenaga kesehatan.

Baca Juga:  Kapolda NTB Sambut Hari Bhayangkara Ke-78 dengan Tabur Bunga di laut Sekotong

Kapal yang didominasi warna merah tersebut
berukuran panjang 30 meter dengan lebar 9 meter dan ketinggian draft 2 meter.

“Nanti setelah dari NTB kami bergerak ke Sulawesi dan Kalimantan. Jawa dan Sumatra sudah semua,” katanya.

Terpisah, Kepala Tim Medis RS Apung Laksamana Malahayati yakni Januar Siahaan menceritakan sejauh ini, antusias masyarakat menerima pelayanan kesehatan gratis di sejumlah daerah cukup tinggi. RS Apung Laksamana Malahayati dilengkapi ruangan operasi kecil, ruang operasi besar, ruang tunggu, ruang pascaoperasi, apotek, dan ambulans on board di kapal.

Sejauh ini, pihaknya telah memberikan layanan pengobatan gratis pada puluhan ribu masyarakat.

“Setiap harinya itu kami bisa melayani 300-500 orang. Sejauh ini tidak ada kendala berarti selain kadang-kadang kami harus bertemu ombak setinggi 2,5 meter,” bebernya.

Baca Juga:  Polisi Berhasil Amankan Pemuda Pelaku Viral Mengacungkan Senjata Tajam di Tol Jakarta-Tangerang

Dalam laporannya, Ketua DPC PDI Perjuangan Lombok Barat yang juga Anggota DPRD Lombok Barat, Lalu Muhammad Ismail mengatakan untuk misi pelayanan dan pengobatan gratis di Kapal Laksamana Malayati, DPC PDI Perjuangan sudah mempermaklumkan ke sejumlah pihak, Kadus, desa di sekitaran Lembar maupun Syahbandar.

“Terhitung mulai hari ini, Senin , 20 November 2023 s.d Kamis 23 November 2023 setiap hari akan hadir tidak kurang 500 orang pasien bahkan lebih yang berobat di Kapal Laksamana Malahayati,” kata Lalu Muhammad.

Lalu Muhammad Ismail menambahkan tidak tertutup kemungkinan penumpang bus yang menyebrang ke Jawa , sopir truk jurusan Jawa, bakal ada yang berobat juga,” tukasnya.

Inaq Saknah, dari Desa Lembar salah satu pasien yang telah mendapat layanan kesehatan oleh tim medis PDIP dari Kapal Ekspedisi Laksamana Malahayati menyatakan rasa syukurnya bisa diberikan pengobat gratis dan diberi obat paten untuk penyakit tekanan darah dan flu demam batuk.

Baca Juga:  Hampir 3 Ons Sabu Diungkap Satuan Reserse Narkoba Polres Sumbawa Barat

“Terima kasih kepada bapak ibu dokter dari PDIP yang membantu pengobatan saya,” tuturnya .

Pantauan media ini, di areal lokasi pelayanan kesehatan, dipasang tak kurang 20 baliho caprescawapres GanjarMahfud MD.