Scroll untuk baca artikel
Berita

Banyak Pebalap NTB Berjaya di Event Lombok-Sumbawa Motocross 2023

×

Banyak Pebalap NTB Berjaya di Event Lombok-Sumbawa Motocross 2023

Sebarkan artikel ini

Mataram – Event Lombok-Sumbawa Motocross Competition 2023 yang digelar di Sirkuit Tohpati, Cakranegara, Kota Mataram, sejak tanggal 24 hingga 26 November 2023 menjadi ajang uji kemampuan bagi atlet motocross NTB di tingkat nasional.

Event yang diikuti 142 pembalap motocross dari beberapa daerah di Indonesia ini menempatkan sejumlah pembalap NTB mampu berbicara di level nasional.

Sekretaris Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi NTB Agus Panca, menyebut, pada event ini mempertandingkan 18 kelas balapan kelas grass track (GT) mulai dari 110-125 cc dan 11 kelas Motocross (MX) 125- 450 cc. Dari 142 pembalap tersebut, ujarnya, sebanyak 73 pembalap profesional yang berasal dari kota-kota besar di Indonesia, seperti  DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

Baca Juga:  Patroli Rutin Polres Pantau Obyek Vital Pada Malam Hari Cegah Aksi Kriminalitas.

Pihaknya mengharapkan dari event ini akan lahir pembalap-pembalap nasional, sehingga mampu berbicara di kejuaraan internasional.

Bahkan, bisa lolos mengikuti Motocross Grand Prix (MXGP) yang dua serinya digelar di NTB, yakni di Sirkuit Samota, Sumbawa dan Sirkuit Selaparang, Kota Mataram.

Sementara 3 pembalap asal NTB akan disiapkan untuk ajang Pekan Olahraga Nasional tahun 2024 yang digelar di Aceh dan Medan.

Selain di tingkat dewasa, ujarnya, pihaknya juga mempertandingkan balapan untuk kelas anak-anak. Panitia mempertandingkan balapan motocross cilik mulai usia 7 hingga 10 tahun pada kelas 50-65 cc.

Semua kelas pertandingan, berakhir pada Minggu sore. Bagi para pemenang akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan yang variatif sesuai dengan hasil balapan.

Baca Juga:  Nyongkolan di Lombok Barat: Pesta Rakyat yang Dijaga Ketat Aparat, Bukti Sinergi Masyarakat dan Keamanan

Pantauan pada Minggu, 26 November 2023 di Sirkuit Tohpati, selain digunakan sebagai tempat mengadu kecepatan sesuai dengan kelas yang diikuti, juga dijadikan sebagai lokasi pelepasan bagi para komunitas motor untuk menjelajahi objek wisata yang ada di Pulau Lombok.

Setelah itu, mereka kembali ke eks Bandara Selaparang Mataram untuk mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan yang telah ditetapkan panitia. Kemudian mereka dihibur dengan konser musik yang menghadirkan musisi nasional Wika Salim sambil menikmati makanan khas NTB di lapak-lapak UMKM yang disediakan.

Berikut ini, daftar juara Motocross Lombok-Sumbawa di Sirkuit Tohpati Mataram. Kelas Trail STD 4t 155cc Pro Open, Juara 1 Kadek Ocha (Bali), Juara 2, Lantian Juan (NTB) dan Juara 3 Ananda Rigi Aditiya (Jatim).  Kelas MX 2 Novice, Juara 1 Ardi Adot (Jabar), Juara 2 Ony Artawan (Bali) dan Juara 3 Regan Mariq (Sulteng).

Baca Juga:  Strategi Polsek Labuapi Bikin Pasar Paok Kambut Jadi Contoh Pasar Aman dan Tertib

Di Kelas 65cc Novice, Juara 1 diraih Makram (DKI Jakarta), Juara 2, Bagus Ardika (Bali) dan Juara 3 F. Zaky (Jabar). Kelas MX125cc, Juara 1, Desmont Jhonathan (DKI Jakarta), Juara 2
Egen Xavier (Jabar) dan Juara 3 Koko Indra (Bali).  Kelas MX1 & MX2, Juara 1, I Gusti Ngurah Diva Ismayana (Bali), Juara 2, Nakami (NTB), dan  Juara 3, Lantian Juan (NTB).

Kelas Trail STD 4T 155cc Pemula Open, Juara 1, Pasya (NTB), Juara 2, Anis Tanjaya (NTB) dan Juara 3, Ebher (NTB). Kelas 85cc, Juara 1, M Raditya (Jatim), Juara 2, Al Jalaluddin Rumi (Yogyakarta) dan Juara 3, Ablo (Bali).