Scroll untuk baca artikel
Berita

Babinsa Gerung Selatan dan Kelompok Peternakan Reyan Baru: Langkah Antisipasi Wabah PMK di Lombok Barat

×

Babinsa Gerung Selatan dan Kelompok Peternakan Reyan Baru: Langkah Antisipasi Wabah PMK di Lombok Barat

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Gerung Selatan dari Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-04/Gerung bersama kelompok peternakan telah melakukan pemantauan dan pengecekan kesehatan hewan ternak sapi milik kelompok peternakan Reyan Baru di Lingkungan Reyan, Kelurahan Gerung Selatan, Kecamatan Gerung, Lombok Barat pada Selasa (05/09/2023).

Sertu Najamudin, Babinsa yang bertanggung jawab atas kegiatan ini, menjelaskan bahwa langkah ini merupakan upaya antisipasi terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang masih menjadi kekhawatiran masyarakat, terutama bagi pemilik hewan ternak.

“Kami turun ke desa binaan untuk secara langsung memeriksa kesehatan hewan ternak, dengan tujuan memastikan apakah ada tanda-tanda PMK pada hewan-hewan tersebut,” ujar Sertu Najamudin.

Baca Juga:  Anggota Sat Samapta Gelar Patroli, Berikan Himbauan Kamtibmas Bagi Warga Yang Beraktifitas di Obyek Vital¬†

Selain pemantauan, Babinsa juga memberikan himbauan rutin kepada para peternak di desa tersebut, mengingatkan mereka untuk menjaga kebersihan kandang dan lingkungan, serta mengenali gejala yang mungkin menandakan hewan ternak tertular PMK.

Sertu Najamudin juga mengajak warga untuk tidak ragu melaporkan ke petugas atau instansi terkait jika mereka menemukan hewan ternak yang menunjukkan ciri-ciri seperti keluarnya air liur berlebihan atau adanya luka pada kuku hewan tersebut. “Langkah ini bertujuan untuk mencegah penyebaran PMK dan melindungi hewan ternak serta masyarakat sekitar.”¬†Pungkasnya.