Scroll untuk baca artikel
GlobalKesehatan

Pria AS Alami Sindrom Langka Prosopometamorphopsia, Wajah Orang Terlihat Seperti Setan

×

Pria AS Alami Sindrom Langka Prosopometamorphopsia, Wajah Orang Terlihat Seperti Setan

Sebarkan artikel ini
Sindrom Langka Prosopometamorphopsia
Image by hollywoodunlocked.com

Perisainews.com – Seorang pria di Amerika Serikat bernama Victor Sharrah mengalami sindrom langka dengan sebutan prosopometamorphopsia (PMO). Sindrom ini menyebabkan wajah orang-orang di sekitarnya tampak terdistorsi seperti setan.

Sharrah pertama kali merasakan gejala PMO pada November 2020. Saat itu, dia melihat wajah orang-orang di sekitarnya tampak seperti meleleh, hidung mereka membesar, dan mata mereka keluar dari rongga. Dia merasa seperti dikelilingi oleh monster.

“Wajah mereka berubah menjadi monster. Saya melihat hidung besar, mata keluar dari rongga, gigi berlumuran darah. Itu mengerikan,” kata Sharrah kepada Daily Mail.

Sharrah awalnya mengira ia mengalami halusinasi atau efek samping dari obat yang ia konsumsi. Namun, setelah berkonsultasi dengan dokter, ia di diagnosis dengan PMO.

Baca Juga:  Babinsa Pagutan Timur Pantau Sosialisasi DAHSYAT untuk Mengatasi Stunting

PMO adalah gangguan persepsi neurologis yang sangat langka. Gangguan ini menyebabkan wajah tampak terdistorsi dalam bentuk, ukuran, tekstur, atau warna. Penyebab PMO belum di ketahui, tetapi dugaannya terkait dengan kerusakan pada area otak yang bertanggung jawab untuk pengenalan wajah.

Hingga saat ini, tidak ada obat untuk PMO atau . Pengobatan yang tersedia hanya untuk membantu mengelola gejala, seperti kecemasan dan depresi yang dapat ditimbulkan oleh sindrom ini.

Sharrah mengatakan bahwa PMO prosopometamorphopsia ini telah berdampak signifikan pada kehidupannya. Dia merasa takut untuk meninggalkan rumah dan bertemu orang baru. Dia juga kesulitan untuk mengenali orang-orang yang dia kenal.

“Saya merasa seperti terjebak dalam dunia yang penuh monster,” kata Sharrah.

Baca Juga:  7 Trik Jitu Ini Bisa Mengeluarkan Duri Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

Meskipun demikian, Sharrah berusaha untuk tetap positif. Dia berharap dengan berbagi kisahnya, dia dapat meningkatkan kesadaran tentang PMO dan membantu orang lain yang mungkin mengalaminya.