Scroll untuk baca artikel
BeritaBinkamDaerahNasionalPendidikan

Melalui Siterdim, Kodim 1606 Mataram Sukses Gelar Persami Bersama Saka Wira Kartika

×

Melalui Siterdim, Kodim 1606 Mataram Sukses Gelar Persami Bersama Saka Wira Kartika

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Komando Distrik Militer (Kodim) 1606 Mataram mengadakan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) bersama anggota Saka Wira Kartika dari empat sekolah SMA/SMK di wilayah teritorial Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-08/Narmada dan sekitarnya.

Persami diinisiasi oleh Kodim 1606 Mataram dalam hal ini Staf Teritorial Kodim (Siterdim) sebagai bagian dari upaya untuk melibatkan generasi muda dalam kegiatan yang membangun karakter dan keterampilan. Tujuan utamanya adalah untuk menginspirasi dan membimbing para anggota Saka Wira Kartika agar menjadi pemuda yang tangguh, berdedikasi, dan memiliki semangat kebangsaan yang tinggi.

Lokasi perkemahan tereletak di Dusun Aik Nyet, Desa Buwun Sejati, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, yang menyediakan fasilitas yang sesuai untuk kegiatan luar ruangan. Dalam perkemahan ini, anggota Saka Wira Kartika ditempatkan dalam kelompok-kelompok kecil yang dipimpin oleh pelatih yang berpengalaman dari personel Koramil 01, 04, 07, 08, dan 09, sehingga mereka dapat belajar satu sama lain dan mengembangkan kerjasama tim.

Baca Juga:  Babinsa Kebon Sari Monitoring Proses Pembuatan Media Budidaya Jamur Tiram

Berbagai kegiatan menarik telah disiapkan selama perkemahan, termasuk penjelajahan alam, kegiatan olahraga, pelatihan keterampilan bertahan hidup, dan sesi pengembangan kepemimpinan. Selain itu, para anggota Saka Wira Kartika juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan anggota Kodim 1606 Mataram, yang membagikan pengalaman mereka dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara.

Kapten Inf Maturidi Kepala Urusan Komunikasi Sosial (Komsos) Siterdim, menyampaikan, “kebanggaannya atas antusiasme dan semangat yang ditunjukkan oleh para anggota Saka Wira Kartika selama perkemahan. Ia berharap bahwa kegiatan semacam ini dapat menjadi ajang yang bermanfaat bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi diri mereka, memperkuat jiwa kepemimpinan, dan meningkatkan rasa cinta tanah air,” jelasnya, Minggu (11/6/2023).

Baca Juga:  Santriwan Dibakar di Pesantren Palembang, Ibu Korban Lapor Polisi

“Perkemahan ini adalah kesempatan yang berharga bagi para anggota Saka Wira Kartika untuk belajar dan tumbuh bersama. Kami berharap bahwa pengalaman dan nilai-nilai yang mereka peroleh di sini akan membawa dampak positif dalam kehidupan mereka sebagai pemimpin masa depan,” katanya.

Persami bersama anggota Saka Wira Kartika ini mendapat sambutan yang hangat dari peserta dan para orang tua mereka. Mereka mengapresiasi upaya Kodim 1606 Mataram dalam melibatkan generasi muda dalam kegiatan yang bermanfaat dan membangun.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan semakin banyak generasi muda yang terinspirasi untuk terlibat dalam organisasi seperti Saka Wira Kartika, dan melalui pengalaman yang mereka dapatkan, mereka dapat menjadi pemuda yang berkomitmen dalam membangun bangsa dan menjaga kedaulatan negara,” ujar salah satu orang tua wali yang menjemput anaknya kembali dari kegiatan tersebut.