Scroll untuk baca artikel
Binkam

Sirkuit Mandalika Segera Berbenah Untuk Gelar Balap Mobil

×

Sirkuit Mandalika Segera Berbenah Untuk Gelar Balap Mobil

Sebarkan artikel ini
Sirkuit Mandalika Segera Gelar Balap Mobil

MANDALIKA – Sebentar lagi akan ada balap mobil di Sikruit Mandalika, dalam satu atau dua bulan ini, MGPA akan melakukan komunikasi dengan semua penyelenggara balap mobil Nasional maupun Internasional.

Sementara itu Sirkuit Mandalika juga akan ada perubahan sebagai syarat untuk penyelenggaraan balap mobil yang dimaksud.

Perubahan tersebut tentunya menjadi syarat homologasi gread B untuk penyelenggaraan balap mobil yang disyaratkan oleh FIA.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menjelaskan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan segala sesuatu untuk memenuhi permintaan FIA.

“kita akan implementasi atas hasil FIA Inspection tahun 2022 lalu bersama PP-IMI & MGPA, dalam rangka mendapatkan FIA Homologasi Grade-2 sehingga Mandalika Circuit dapat melangsungkan balap kendaraan roda-4,” jelas Priandhi, via WhatsApp, Jumat (17/3/2023).

Baca Juga:  Sambangi Yayasan Ihya Ulumuddin Jagaraga Indah, Jumat Curhat Kapolsek Kediri Dengarkan Keluhan Masyarakat

Dijelaskan, Homolasi Grad 2 ini memang sebagai syarat lisensi untuk mengadakan acara olahraga motor roda empat yang melibatkan “Mobil Grup D (Formula Internasional FIA) dan E (Formula bebas) dengan rasio berat/daya antara 1 dan 2 kg/hp.

“ini mencakup sebagian besar kategori mobil sport, mobil GT, mobil touring, dan kursi tunggal, sementara untuk grade 1 hanya untuk F1,” ujar Priandhi.

Dikatakan, untuk mendapatkan lisensi itu FIA mempunya beberapa permintaan untuk perubahan Sirkuit Mandalika antaranya: Perubahan susunan Tyre Barrier (pembatas ban/red).

Berikutnya, penyesuaian garis start, penyesuaian dinding servis road, penambahan track-limit, dan beberapa hal lainnya seperti polisi tidur.

“beberapa dari perubahan ini akan kita pasang dengan sistim bongkar pasang, agar bisa dibuka saat balap motor,”

Baca Juga:  Babinsa Koramil 1606-05/Mataram dan Polsek Mataram Menjaga Ketenangan Umat Hindu dalam Perayaan Hari Raya Kuningan di Pura Puseh Poh Gading

“seperti halnya polisi tidur, akan kita pasang menggunakan baut, jadi saat ada balap motor kita bisa membongkarnya,” tambah Priandhi.

Semua rencana perubahan pada Sikruit Mandalika itu, dipastikan tidak akan mengganggu balapan lainnya seperti balap motor atau yang lainnya.

“hal ini tentunya melalui persetujuan FIA maupun FIM, jadi ini tidak akan mengganggu kegiatan balap motor seperti MotoGP, WSBK dan lainnya di Sikruit Mandalika,” pungkasnya.

Dalam waktu satu atau dua bulan kedepan, Sikruit Mandalika akan dilakukan perubahan.

Kesempatan itu akan dimanfaatkan oleh MGPA untuk melakukan lobi atau berkomunikasi dengan semua penyelenggara balap Mobil, baik nasional maupun internasional.

“sementara sikruit diperbaiki, dalam satu atau dua bulan kedepan kita akan menjalin komunikasi dengan semua penyelenggara balap mobil, baru kemudian kita akan umumkan,” pungkasnya.