Terekam CCTV Menjalankan Aksinya Menggunakan Atribut Polri, Pelaku SA Diringkus Oleh Tim Sat Reskim Polres Lombok Barat

perisainews.com – Berhasil mengungkap Kasus Tindak Pidana Tipu Gelap, Polres Lombok Barat dengan sigap mengamankan tersangka berinisial SA Laki-laki (39), Minggu (7/6).

Kasat Reskrim Polres Lombok Barat AKP Dhafid Shiddiq, SIK dalam Konferensi pers di Mapolres Lobar menyebutkan, dari hasil pemeriksaan tersangka SA merupakan pelaku kejahatan yang biasa melakukan aksinya, Senin (8/6).

Banner Iklan Aruna

Diketahui Korban atas nama Ahmad Sahroni laki-laki 26 tahun warga Desa Jatisela Kecamatan Gunungsari Kab. Lobar.

Kasat Reskrim menjelaskan tersangka datang ke salah satu Money Changer di wilayah Senggigi Kecamatan Batu layar Kab Lobar, Jumat (10/4/2020).

“Tersangka tertangkap kamera CCTV kantor terlihat datang mengenakan kaos berwarna Abu-abu dengan bagian punggung bertuliskan “Polisi”, serta menggunakan masker hitam dengan maksud ingin menukarkan Uang Dollar,” jelasnya.

Tersangka mengatakan kepada korbannya, bahwa Komandannya baru pindah dari jawa, akan menukarkan Uang Dollar.

Dengan alasan tidak tau harga Dollar sat ini, tersangka membawa satu lembar Uang Dollar Pecahan $ 100, dan Korban langsung memeriksa Uang tersebut dan ternyata Asli.

Pada saat itu, SA mengatakan menyuruh Korban untuk membawa uang sebesar Rp. 10.000.000,- ke Polsek Senggigi karena akan menukarkan Dollar senilai $ 1500.

Dengan menjual nama komandannya yang saat ini berada di Polsek Senggigi, Pelaku dengan mudahnya mendapatkan kesempatan tersebut.

Karena menggunakan atribut Polisi, Korban percaya untuk ikut bersama tersangka, dan dibonceng oleh tersangka hingga di tikungan hotel Sheraton Senggigi.

“Korban yang percaya kepada Tersangka diberikan petunjuk agar menyerahkan Uang yang sudah di masukkan ke amplop sejumlah Rp. 10.000.000,-. kepada tersangka”

Setelah menyerahkan uang tersebut, korban diminta oleh Tersangka untuk menunggu di Lokasi tersebut, dengan alasan akan mengambil uang Dollarnya.

Karena telah menunggu lama, Korban merasa curiga langsung mengadukan kejadian tersebut ke Polsek Senggigi agar segera ditindak lanjuti.

“Tersangka pergi meninggalkan Korban dan tidak kunjung kembali menemui si korban dalam hal ini Korban mengalami kerugian sebesar Rp. 10.000.000,-,” terangnya.

Dari hasil penyelidikan dan pemantauan terhadap CCVT, akhirnya Pelaku berhasil diamankan oleh Tim Opsnal sat Reskrim Polres Lombok Barat bersama Unit Reskrim Polsek Senggigi di rumah istri sirihnya di Suranadi Utara.

Dari pengakuan tersangka bahwa sebelumnya Pelaku melarikan diri keluar Daerah untuk menghindari penangkapan selama kurang lebih satu bulan.

Penangkapan berjalan dengan aman dan lancar dikarenakan tersangka Tidak ada perlawanan yang kemudian tersangka dan barang bukti diamankan Polisi.

Pelaku mengakui melakukan Tindak Pidana tersebut sendirian, dengan menggunakan Atribut Polri untuk memudahkan aksinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.