Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Cara Mudah Mengetahui Lokasi Nomor HP Lewat Google Maps

×

Cara Mudah Mengetahui Lokasi Nomor HP Lewat Google Maps

Sebarkan artikel ini
Cara Mengetahui Lokasi Nomor HP Lewat Google Maps.
Cara Mengetahui Lokasi Nomor HP Lewat Google Maps. Image by freepik

Perisainews.com – Google Maps adalah aplikasi yang menawarkan peta dan navigasi dengan berbagai fitur canggih. Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui lokasi keberadaan seseorang melalui kontak atau nomor HP. Fitur ini mungkin berguna bagi pengguna yang ingin mengetahui cara mengetahui lokasi nomor HP lewat Google Maps. Fitur ini bisa digunakan untuk memastikan bahwa orang terdekat kita sudah berada di tempat yang diinginkan atau telah tiba di tujuan dengan selamat.

Location Sharing di Google Maps

Tidak hanya bisa membuat rute dan memberikan petunjuk arah. Juga bisa digunakan untuk melihat lokasi seseorang di peta secara real-time. Pergerakan atau perpindahan orang tersebut bisa dipantau dengan mudah. Fitur yang digunakan untuk melihat lokasi seseorang adalah Location Sharing atau berbagi lokasi. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan lokasi saat ini ke orang lain dan sebaliknya. Dengan fitur ini, kita bisa mengetahui lokasi nomor HP dengan mudah dan praktis.

Cara Mengetahui Lokasi Nomor HP Lewat Google Maps

Sebelum menggunakan fitur Location Sharing, kita harus meminta izin dari orang yang ingin kita pantau lokasinya. Orang tersebut harus bersedia untuk membagikan lokasi saat ini melalui fitur Location Sharing di Google Maps. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Google Maps di HP dan klik ikon foto profil.
  2. Kemudian, klik menu “Location Sharing” dan pilih opsi “Share Location”.
  3. Selanjutnya, tentukan durasi berbagi lokasi, mulai dari 1 jam hingga 1 hari.
  4. Kemudian, bagikan informasi lokasi saat ini ke orang lain melalui WhatsApp, pesan, e-mail, dan lainnya.
  5. Informasi lokasi saat ini dari fitur Location Sharingbakal terkirim dalam bentuk tautan.
  6. Jika sudah dibagikan, pengguna bisa klik tautan itu untuk melihat informasi lokasi saat ini di yang dibagikan oleh kontak seseorang.
  7. Saat tautan itu diklik, peta bakal terbuka dan menunjukkan titik lokasi saat ini dari kontak atau nomor HP seseorang.
  8. Selain melihatnya, pengguna juga bisa berbagi balik informasi lokasi saat ini ke kontak tersebut.
  9. Saat membuka Location Sharing  dari orang lain, pengguna dapat klik opsi “Share Location with” untuk berbagi balik informasi lokasi saat ini.
  10. Saat informasi lokasi saat ini telah dibagikan, pengguna bisa memantau keberadaan kontak secara real-time.
  11. Informasi lokasi saat ini bakal berhenti dibagikan ketika durasinya habis atau seseorang itu menghentikannya.
Baca Juga:  Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara

Cara mengetahui lokasi nomor HP lewat Google Maps sangat mudah bukan? Namun, penting untuk diingat bahwa melacak keberadaan seseorang melalui Location Sharing di Google Maps sebaiknya dilakukan dengan dasar kesepakatan yang saling diketahui bersama. Jangan memaksa atau diam-diam menggunakannya pada HP milik orang lain untuk dibagikan ke kita, sehingga terkesan seperti penguntit.

Demikianlah cara mengetahui lokasi nomor HP lewat Google Maps dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.