Tanpa Dokumen, Miras dan Hewan Tanpa Dokumen Diamankan di Pelabuhan Lembar

Perisainews.com – Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar, dalam kegiatan pemeriksaan rutinnya di Pelabuhan Penyeberangan Lembar, lebih diperketat, Sabtu (21/3).

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Iptu I Made Dharma Y.P.S.T.K,S.I.K mengatakan bahwa, pemeriksaan dilakukan menyasar kepada benda-benda berbahaya atau dilarang.

Adapun sasaran pemeriksaan ini antara lain Miras Ilegal atau tanpa ijin, Bahan Peledak, Senjata Tajam, Senjata Api, Narkoba serta barang berbahaya atau dilarang lainnya.

“Saat ini lebih diperketat, untuk mencegah masuknya virus corona atau covid 19 masuk dari Pelabuhan Lembar, barang-barang lainnya tanpa ijin tidak luput dari pemeriksaan,” ungkapnya, Minggu (22/3).

Banner Iklan Aruna

Dalam kegiatan pemeriksaan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar, diamankan beberapa benda atau barang di Salah satu Bus dengan Tujuan Jakarta – Bima.

“Barang bawaan yang diamankan berupa dua ekor ayam Bangkok, empat ekor Burung love bird, empat botol miras merk Highland, 12 botol arak bali, satu ekor burung muray batu dan dua ekor anak ayam Bangkok,” jelasnya.

Untuk hewan jenis unggas seperti burung Muray batu, love bird dan ayam Bangkok walaupun bukan merupakan hewan dilindungi tetap diamankan.

Kapolsek mengatakan bahwa, hewan-hewan tersebut tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah dari pihak yang berwenwng, dalam hal ini BKSDA dan karantian Hewan.

“Identitas Pengemudi, langsung didata, sedangkan hewan yang diamankan diserahkan kepada pihak yang berwenang,” tandasnya.

Mengenai tindak lanjutnya, semua Hewan yang diamankan ini, diserahkan kepada Kantor Karantina Lembar.

Kapolsek mengatakan bahwa terhadap hewan tersebut, untuk dimusnahkan atau dikembalikan kepada pemiliknya dengan menunggu pemilik melengkapi dokumen, merupakan wewenang pihak Karantina Lembar

“Minuman keras masi sita, karena tidak dilengkap dengan ijin, selanjutnya akan dilakukan pemusnahan,” imbuhnya.

Diharapkan, dengan lebih memperketat pemeriksaan muatan atau barang bawaan penumpang, selain mencegah masuknya barang berbahaya, juga dapat mencegah masuknya Virus corona atau covid 19 ke NTB melalui Pelabuhan Lembar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.