Binkam  

Tanggap Bencana, Polres Lobar Gelar Latihan SAR Gabungan

Perisainews.com – Polres Lombok Barat berta instansi terkait melaksnakan Latihan Gabungan terkait dengan SAR, ini dimaksudkan untuk kesiapan Lombok Barat dalam menangani bila terjadi bencana, Kamis (27/2).
Kasat Sabhara Polres Lobar Iptu Adam Utoyo S.Sos mengatakan bahwa Latihan Gabungan ini dilaksanakan di kantor Basarnas Provinsi NTB di Labuapi.
Adapaun yang mengikuti Latihan SAR ini yaitu dari Polres Lombok Barat diikuti oleh Sat Samapta dan Sat Polair.
“Dalam pelaksanaannya, Personel Polres Lombok Barat bergabung dengan Personel dari Sat Pol PP Kab. Lobar, Personel BPBD Kab. Lobar dan Personel Basarnas NTB,” ungkapnya
Seluruh peserta Latihan Gabungan, mendapat materi dari Instruktur Basarnas sekaligus dilanjutkan dengan dan praktek dilapangan.
Kasat Sabhara juga menjeskan materi yang diberikan meliputi cara membuka jalan nafas (head tilt chin left & jaw thrust), Tehnik pernapasan buatan, Tehnik resusitasi (cara memompa jantung), Mengetahui tanda-tanda korban meninggal dunia seperti lebam mayat, kaku mayat, pembusukan mayat & cedera yg mematikan
Selain itu diperkenalkan jenis tali pengaman yang di pergunakan naik maupun turun tebing/dari ketinggian.
“Sedangkan untuk praktek dilapangan, meliputi praktek latihan turun tebing dan praktek cara turun tebing dengan membawa korban,” katanya.
Kasat sabhara mengatakan bahwa, tujuan dari pelaksanaan Latihan Gabungan ini untuk meningkatkan sinergi dengan Instansi terkait menyangkut penanganan bencana.
Selain itu, ini juga untuk menindaklanjuti arahan Kapolres Lobar AKBP Bagus S. Wibowo, SIK., untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam menangani bencana.
“Saat ini di Wilayah Lombok barat memasuki musim penghujan serta Polres Lombok Barat masih melaksanakan Operasi Aman Nusa II tentang penanggulangan bencana alam,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Polres Lombok Barat bersinergi dengan melibatkan Instansi terkait dalam penaggulangan bencana di Lombok Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.