Scroll untuk baca artikel
Binkam

Sirkuit Mandalika Segera Berbenah Untuk Gelar Balap Mobil

×

Sirkuit Mandalika Segera Berbenah Untuk Gelar Balap Mobil

Sebarkan artikel ini
Sirkuit Mandalika Segera Gelar Balap Mobil

MANDALIKA – Sebentar lagi akan ada balap mobil di Sikruit Mandalika, dalam satu atau dua bulan ini, MGPA akan melakukan komunikasi dengan semua penyelenggara balap mobil Nasional maupun Internasional.

Sementara itu Sirkuit Mandalika juga akan ada perubahan sebagai syarat untuk penyelenggaraan balap mobil yang dimaksud.

Perubahan tersebut tentunya menjadi syarat homologasi gread B untuk penyelenggaraan balap mobil yang disyaratkan oleh FIA.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menjelaskan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan segala sesuatu untuk memenuhi permintaan FIA.

“kita akan implementasi atas hasil FIA Inspection tahun 2022 lalu bersama PP-IMI & MGPA, dalam rangka mendapatkan FIA Homologasi Grade-2 sehingga Mandalika Circuit dapat melangsungkan balap kendaraan roda-4,” jelas Priandhi, via WhatsApp, Jumat (17/3/2023).

Dijelaskan, Homolasi Grad 2 ini memang sebagai syarat lisensi untuk mengadakan acara olahraga motor roda empat yang melibatkan “Mobil Grup D (Formula Internasional FIA) dan E (Formula bebas) dengan rasio berat/daya antara 1 dan 2 kg/hp.

“ini mencakup sebagian besar kategori mobil sport, mobil GT, mobil touring, dan kursi tunggal, sementara untuk grade 1 hanya untuk F1,” ujar Priandhi.

Dikatakan, untuk mendapatkan lisensi itu FIA mempunya beberapa permintaan untuk perubahan Sirkuit Mandalika antaranya: Perubahan susunan Tyre Barrier (pembatas ban/red).

Berikutnya, penyesuaian garis start, penyesuaian dinding servis road, penambahan track-limit, dan beberapa hal lainnya seperti polisi tidur.