Binkam  

Sebelum Musyawarah Dimulai Waka Polres Lotim Pimpin Sholawatan

perisainews.com- Lantunan Sholawat terdengar merdu mengiringi Musyawarah di Desa Toya, dari para Pemuda dan Masyarakat yang mengikuti Musyawarah di Masjid Al – Muttaqin Dusun Desa Toya Kecamatan Aikmel Kababupaten Lombok Timur, Selasa (16/06/20) Pukul 09.00 Wita.

Bacaan Sholawat tersebut atas Perintah Waka Polres Lombok Timur Kompol Kiki Firmansyah S.I.K.,M.H., dengan harapan Masyarakat yang melakukan Musyawarah lebih tenang dalam menyampaiakan Aspirasi, serta dapat berjalan dengan lancar sesuai Harapan bersama.

Banner Iklan Aruna

Sebelum Musyawarah berlangsung, Masyarakat berkumpul di simpang empat Toya dan sempat melakukan orasi,kemudian petugas menghimbau kepada perwakilan pemuda bahwa dengan melakukan orasi dan demo akan mudah menimbulkan beberapa kerawanan, terlebih lagi saat ini masih dalam masa Pandemi Covid – 19, apalagi ketika ditunggangi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab maka akan lebih mudah terprovokasi sehingga dapat menimbulkan situasi yang tidak kondusif.
Dibawah kendali Waka Polres Lotim, Personel yang melakukan pengamanan Kemudian menghimbau kepada perwakilan pemuda untuk menyampaikan Aspirasinya dengan cara musyawarah, setelah mendengarkan beberapa arahan dari petugas Kepolisian, Pemuda Desa Toya bersedia untuk menyampaikan aspirasinya dengan cara bermusyawarah bersama Kapala Desa dan perangkat Desa di Masjid Al – Muttaqin, Kemudian pada pukul 09.05 wita para pemuda datang ke Masjid untuk melaksanakan musyawarah dengan Kepala Desa Toya dan perangkat Desa Toya.
Dalam Musyawarah tersebut dihadiri oleh;
– Waka Polres Lotim Kompol Kiki Firmansyah, S.I.K. M.H.
– Kapolsek Aikmel IPTU I Made Sutama.
– Kepala Desa Toya
– Sekertaris Desa Toya dan
– sejumlah Pemuda Desa Toya
Sebelum Musyawarah dilaksanakan,Waka Polres Lotim menyampaikan beberapa Himbauan yang intinya; mengingatkan masyarakat bahwa Musyawarah dilaksanakan di Masjid, sehingga kita harus sama-sama faham serta memiliki sopan santun dalam menyampaikan aspirasi serta tidak mengucapkan kata-kata yang kurang pantas. Selain itu juga menghimbau untuk masyarakat tetap memperhatikan sosial distancing, masyarakat yang mengikuti Musyawarah menggunakan Masker, serta tetap memperhatikan Protokol Kesehatan, guna memutus rantai penyebaran Covid – 19, Agar selama kegiatan musyawarah dilaksanakan dengan baik sehingga kegiatan dapat berjalan lancar.

Musyawarah dibuka oleh Kepala Desa Toya dengan beberapa penyampaian, dilanjutkan dengan penyampaian Aspirasi dari pemuda Desa Toya yang disampaikan oleh Burhanudin selaku perwakilan pemuda Desa Toya, Dalam Musyawarah tersebut Burhanudin selaku perwakilan menyampaikan beberapa Apirasi yang harus ter realisasi selama Kepala Desa menjabat, antara lain ;
– Mempertanyakan peran dan pengelolaan Bumdes Toya apakah bisa untuk bermanfaat masyarakat.
– Permasalahan air dimana masyarakat Desa Toya kekurangan air.
– Apapun kegiatan Pemdes Toya agar masyarakat dilibatkan sehingga masyarakat mengetahui semua program Pemdes.
– Menuntut pihak Pemdes memperjelas status tanah yang berada di Dusun Pertemuan, Lendang Manto dan tanah penyangga mata air yang berada di Aik Lomak yang ditukar gulingkan.
– Mendesak Pemerintah Desa untuk transparansi data penerima Bansos yang sudah di validasi (BLT, BST dan bantuan lainnya) dan memberikan data penerima Bansos kemudian menempel data penerima bantuan sehingga masyarakat mengetahui jenis bantuan yang didapatkan oleh masyarakat serta Mempertanyakan tentang pipa air untuk masyarakat.
Satu Persatu Pertanyaan serta Aspirasi dari Masyarakat yang diwakili oleh Burhanudin dijawab dan dijelaskan, sehingga titik permasalahan dapat diselesaikan dengan baik,.
Selanjutnya dilakukan penandatanganan surat pernyataan Kapala Desa yang akan memenuhi tuntutan masyarakat yang intinya akan transparan dalam pengelolan ADD dan program Desa lainnya.
Musyawarah yang dilakukan Oleh Masyarakat Desa Toya dengan kades dan Perangkat Desa berakhir pukul 11.00 wita berjalan aman dan lancar serta diakhiri dengan Pembacaan Sholawat sambil peserta bersama sama membersihkan teras masjid setelah digunakan untuk musyawarah.

Peserta meninggalkan masjid dengan tertib sambil mengumandangkan shalawat.
Situasi kondusif dan warga merasa terlayani.

Setelah melakukan Pengamanan, Gabungan Personel Polres Lotim yang melaksanakan Konsolidasi di Mapolsek Aikmel dipimpin oleh Waka Polres Lombok Timur.

Kapolres Lombok melalui Kasubbag Humas menghimbau kepada seluruh lapisan Masyarakat, ketika menemui suatu permasalahan yang dirasa dapat mengganggu Stabilotas Kamtibmas, agar segera Melaporkan kepada pihak Kepolisian untuk segera ditindak lanjuti, supaya permasalahan tersebut dapat terselesaikan dengan segera, sehingga Wilayah Hukum Polres Lombok Timur tetap Kondusif. Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.