Sambangi Peternak Kambing, Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Berikan Pengetahuan Gejala PMK

Mataram, PerisaiNews – Mengantisipasi penyebaran Penyakit Muku dan Kuku (PMK) pada hewan ternak seperti sapi, kambing dan kerbau. Babinsa jajaran Koramil 1606-01/Cakranegara aktif sambangi wilayah kelompok ternak binaanya di Lingkungan Babakan Utara, Kecamatan Cakra Timur, Kota Mataram, Sabtu (9/7/2022).

Di ketahui kelompok ternak yang di sambangi memiliki kambing yang berjumlah 75 ekor, dan saat dalam pemantauan seluruh kambing dalam kondisi sehat serta sekeliling kandang selalu di bersihkan guna mengantisipasi tertularnya PMK pada ternak milik warga tersebut.

Banner Iklan Aruna

Dalam pemantauannya tersebut Babinsa Sertu Rusdi menghimbau, “kepada seluruh kelompok ternak agar selalu menjaga kebersihan kandangnya dan memberikan hewan ternaknya makan-makan yang bergizi sehingga bebas dari penyakit, terutama wabah PMK,” tegasnya.

“Walaupun kondisi hewan dan kandang selalu terjaga kami tetap ingatkan kepada para peternak, apabila mendapati hewan ternaknya bergejala PMK seperti tubuh hewan demam, stres nafsu makan menurun mengeluarkan air liur, serta jika gejala sudah parah akan terlihat lemah, erosi, dan kulit mengelupas yang nampak pada mulut dan kuku hewan tersebut. Namun gejala tersebut mayoritas gejala PMK yang menimpa pada sapi, tapi tidak menutup kemungkinan pada kambing juga,” ucapnya.

Ia juga berpesan , “kami bersama Bhabinkamtibas juga mengingatkan kepada peternak untuk tetap waspada sejak dini, karena penyakit PMK ini cepet sekali menularnya, yang bisa menimbulkan kematian secara tiba-tiba pada hewan ternak. Kami harapkan jika ada hewannya terjangkit segera laporkan kepada petugas, agar cepat dalam pengambilann tindakan untuk segera di tangani oleh petugas kesehatan hewan,” pungkas Babinsa.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.