Prioritaskan Himbauan dan Teguran, 2.332 Pengendara Terjaring Razia Ops Patuh Gatarin 2020 Polres Lobar

perisainews.com – Dua Pekan menggelar Operasi Patuh Gatarin 2020, Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Barat telah melakukan penindakan terhadap 2.332 pengendara kendaraan bermotor. (6/8)

Kegiatan perdana yang dimulai sejak tanggal 23 Juli 2020 tersebut berakhir dan mendapatkan beberapa hasil yang cukup signifikan.

Banner Iklan Aruna

Beberapa data yang diperoleh atas penindakan dalam operasi tersebut melalui Kasat Lantas Polres Lobar yakni sebanyak 804 pengendara ditilang dan 1.528 pengendara diberikan teguran.

AKBP Bagus S. Wibowo, S.I.K., selaku Kapolres Lombok Barat  melalui Kasat Lantas Polres Lombok Barat Iptu I Made Sugiartha, S.H., menerangkan salah satu bentuk kegiatan kepolisian dalam meminimalisir gangguan Kamtibmas khususnya yang terjadi di Jalan Raya tersebut dilakukan secara humanis selama kurang lebih 2 pekan.

Kegiatannya meliputi pemberian himbauan kepada masyarakat agar lebih tertib dalam berkendara dan disiplin dalam melengkapi kelengkapannya.

“Target utama dalam operasi Patuh sebagai upaya Polri khususnya Sat Lantas Polres Lobar yakni memberikan edukasi kepada masyarakat Kab. Lombok Barat agar lebih disiplin dan tertib dalam berlalu lintas,” terangnya.

Selain memberikan edukasi dan penindakan, kegiatan operasi tersebut, sekaligus sebagai sarana Polri untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

Oleh sebab itu, Kasat Lantas mengjelaskan kegiatan operasi ini lebih banyak kepada pemberian himbauan dan teguran.

“Itu sebabnya hasil tilang tidak terlalu banyak karena yang lebih diutamakan himbauan dan teguran,” pangkasnya.

Sebagai perbandingan pada Tahun 2019, hasil kegiatan Operasi Patuh Gatarin dikatakan memiliki penurunan terhadap jumlah tilang dan kecelakaan.

Namun, selebihnya terjadi peningkatan terhadap teguran selama operasi Patuh Gatarin 2020.

“Jumlah penurunan terjadi pada Tilang di Tahun 2019 dengan presentasi 56,73% dan Kecelakaan Lalu Lintas dengan presentase 20%. Sedangkan pada teguran meningkat pada presentase 292,80%,” jelasnya.

Disamping data penindakan tilang dan teguran yang dilakukan, telihat banyak pengendara yang telah tertib menggunakan kelengkapan dalam berkendara.

Terlihat dengan banyaknya reward dalam bentuk souvenir yang telah diberikan kepada pengendara yang dilakukan oleh Sat Lantas beberapa hari yang lalu.

Dengan kegiatan Operasi Kepolisian Patuh Gatarin 2020 yang telah digelar selama 14 hari tersebut Kasat Lantas berharap lebih dapat memberikan dampak positif terhadap ketertiban pengguna jalan saat berkendara dan selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Kami berharap dengan upaya-upaya yang telah kami lakukan terhadap kegiatan lalu lintas memberikan dampak positif terhadap ketaatan pengedara dalam tertib berlalu lintas dan selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” lugasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.