Polres Lobar dan Imigrasi Mataram, Akan Meningkatkan Pengawasan Orang Asing di Lombok Barat

Perisainews.com – Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, SIK., beserta jajarannya mendatangi Kantor Imigrasi Kelas I Mataram, Jumat (13/3).

Kedatangan Kapolres Lombok Barat diterima langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Mataram Drs. Syarifullah beserta jajarannya.

Banner Iklan Aruna

Dalam pertemuan tersebut, beberapa hal yang dibahas oleh Kapolres dan Kepala I Mataram yang juga diikuti oleh Kasi Status Keimigrasian Bagus, Kasat Reskrim, Kasat Intelkam, Kapolsek Senggigi, Kapolsek Sekotong dan Kasubbag Humas Polres Lombok Barat.
Beberapa hal yang dibicarakan, diantaranya dalam rangka membahas penanganan dan pengawasan Warga Negara Asing khususnya di wilayah Kab. Lobar.
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Mataram Drs. Syarifullah memaparkan kondisi terkini terkait wabah virus corona di Berbagai wilayah khususnya di wilayah NTB.

“Sampai saat ini, belum ada keterangan yang pasti terkait Warga Negara Asing yang Positif mengidap Virus Corona,” paparnya.
Ada beberapa pihak telah meminta Imigrasi Kelas I Mataram untuk menghentikan Turis Mancananegara yang berlibur di pulau lombok, karena kekhawatiran terhadap dampak virus corona di NTB.
“Terkait Warga Negara Asing yang berkunjung ke Destinasi wisata NTB, pihak imigrasi tidak dapat menolak kedatangan WNA,” sanggahnya.

Menurutnya, imigrasi tidak mempunyai kewenangan untuk menghentikan kunjugan WNA tanpa instruksi dari yang berwenang.
“Kapasitas dari pihak Imigrasi, menunggu intruksi dari gubernur dan Dinas Kesehatan untuk melakukan penolakan terhadap WNA yang berkunjung ke Pulau Lombok,” jelasnya.
Untuk itu, upaya yang dapat dilakukan saat ini adalah dengan meningkatkan pengawasan terkait dengan keberadaan maupun kegiatan WNA di Wilayahnya.

“Kami harap agar Polres Lombok Barat dapat bersinergitas dalam penanganan WNA,” imbuhnya.
Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo., S.I.K mengatakan siap mendukung kerjasama dan sinergitas antara pihak imigrasi kelas I Mataram dengan Polres Lombok Barat.

“Langkah-langkah pihak Imigrasi patut diapresiasi, terutama dalam mendeteksi WNA yang berkunjung ke Pulau Lombok secara maksimal, seperti kedatangan WNA di Bandara,” ungkapnya
Dalam hal ini melakukan pengawasan terhadap kegiatan maupun keberadaan WNA diwilayah, khususnya Kabupaten Lombok Barat.
Menanggapi tentang pengawasan terhadap WNA di Lombok Barat, Kapolres menyatakan siap untuk bersinergi dengan pihak Imigrasi kelas I Mataram, dalam hal ini kerjasama dalam penanganan atau pengawasan WNA di wilayah Kabupaten Lombok Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.