Binkam  

Pandemi Covid-19, UD. Sasak Tani Desa Kuripan Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

perisainews.com – Masyarakat Kabupaten Lombok Barat hingga kini yang berjuang dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya mengharuskan merubah adaptasinya menjadi kebiasaan hidup baru ditengah Covid-19.

Dalam menghadapi masa sulit tersebut, Desa Kuripan Kec. Kuripan Lombok Barat terus bergerak dalam menjaga ketahanan pangan diwilayahnya.

Banner Iklan Aruna

Kapolsubsektor Kuripan Iptu Agus Supriadi dalam memantau potensi Desa Kuripan menuturkan wilayahnya yang berpartisipasi dalam lomba kampung sehat ini mayoritas lahan pertanian, usaha mandiri UD. Sasak Tani didirikan sebagai wadah yang cocok dalam memproduksi pembibitan benih dan konsultasi petanian.

“Kami Memantau dan mendukung terhadap program yang dimiliki salah satu usaha mandiri milik warga Kec. Kuripan terlebih-lebih yang dapat mensejahterahkan kehidupan masyarakatnya,” tuturnya.

Zul Adha selaku pendiri usaha mandiri tersebut menceritakan kegiatannya dalam melakukan pembibitan benih dapat lebih membantu para petani dalam meningkatkan kualitas produksi hasil pertaniannya.

“Kami bekerja sama dengan beberapa perusahaan bibit dan memperkerjakan masyarakat sekitar untuk membantu mempersiapkan bibit unggulan ini,” ujarnya.

Tidak kurang dari 10 karyawan turut dipekerjakan hingga saat ini dalam membantu meningkatkan taraf hidup para pekerjanya ditengah masa sulit saat ini.

“Alhamdulillah para petani senang membeil bibit dikami karena mereka langsung kami bimbing melalui setiap proses tahapannya,” imbuh Zul.

Usaha mandiri yang telah berdiri lebih kurang 1 tahun tersebut menyediakan berbagai varian bibit untuk dijual mulai dari pembibitan obat-obatan alami hingga konsultasi gratis mengenai bidang pertanian.

Setiap harinya, Zul memproduksi rata-rata sebanyak 500 bibit didistribusikan kepada pemesan.

“Tidak jarang pemesanan setiap harinya sebanyak 500 bibit bahkan ada yang memesan 2000 bibit dalam sehari untuk didistribusikan kelahan pertanian,” bebernya.

Usaha mandiri yang berawal dari satu bangunan Green House dan sampai saat ini sudah memiliki gudang berkembang dengan pesat.

Kini usahanya menjadi salah satu daya tarik desa untuk dikembangkan dalam membantu masyarakat yang mayoritas bermatapencaharian sebagai petani.

Sementara itu, Kepala Desa Kuripan Hasbi menurutnya usaha mandiri UD. Sasak Tani ini menjadi sektor utama dalam menggerakkan dan mengembangkan hasil pertanian di Masyarakat Desa Kuripan.

“Dengan adanya UD. Sasak Tani, Alhamdulillah masyarakat kami sangat terbantu dalam meningkatkan kualitas produksi tani dan taraf hidup masyarakat yang bahkan pendistribusiannya sudah menyebar hingga ke luar Kabupaten Lombok Barat dan sudah menjadiu pilihan para petani,” tuturnya.

Terselenggaranya Kampung Sehat yang telah dicanangkan oleh Polda NTB, ketahanan pangan menjadi salah satu aspek penilaian.

Oleh karena itu, UD. Sasak Tani menjadi pilihan yang disuguhkan Desa Kuripan untuk berpartisipasi dalam lomba Kampung Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.