Otoritas Pelabuhan Penyeberangan Lembar Perketat Pemeriksaan Penumpang dan Anak Buah Kapal

Perisainews.com – Menanggapi virus corona yang meresahkan di Dunia, Otoritas Pelabuhan Lembar mengambil langkah-langkah dalam upaya mencegah masuknya virus corona ke NTB melalui Pelabuhan Penyeberangan, Senin (16/3).

Pelabuhan Penyeberangan Lembar merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di NTB, dan sebagai tujuan berbagai rute penyeberangan.

Banner Iklan Aruna

Ditambah lagi saat ini, selain merupakan pintu masuk dan keluar dari Pulau Bali, juga sebagai pintu masuk dari berbagai daerah melalui Pelayaran Lintas Provinsi.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Iptu I Made Dharma Yulia Putra, S.T.K., S.I.K mengatakan bahwa dalam pencegahan masuknya virus corona di NTB, pihak kepolisian juga ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Polsek Kawasan pelabuhan Lembar, mendukung upaya pencegahan ini dengan melakukan pengamanan dan pengawasan dalam pelaksanaannya,” ungkapnya.

Dari hasil pantauan dilapangan, Pihak Otoritas Pelabuhan Penyeberangan Lembar telah melakukan upaya pencegahan melalui kegiatan pemeriksaan suhu tubuh penumpang, penyemprotan disinfektan pada Fasilitas umum di pelabuhan dan Kapal, serta melakukan pembersihan terhadap sampah.

“Semua pihak bersinergi dalam kegiatan ini, dari segi faktor kemanan dibawah pengawasan Polsek Kawasan Pelabuhan lembar,” terangnya.

 Setiap penumpang yang akan memasuki dan keluar dari pelabuhan diperiksa satu persatu menggunakan Thermo Scan Gun, untuk mengecek suhu tubuh para penumpang.

“Apabila ditemukan sesuatu yang tidak wajar, maka akan diambil tindakan oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan melalui tindakan medis, untuk memastikan bebas dari Virus Corona,” imbuhnya.

Sedangkan penyemprotan disinfektan dilakukan pada tempat-tempat fasilitas umum, meliputi ruang tungggu, pintu masuk pelabuhan, toilet, tempat pembelian tiket, mushola, dan fasilitas lainnya.

“Bukan hanya di Pelabuhan, dari hasil pantauan, penyemprotan juga dilakukan didalam kapal,” jelasnya.

Selain itu, kapolsek juga mengatakan bahwa untuk antisipasi Penyebaran COVID 19, para kru dan ABK Kapal tidak luput dari pemeriksaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.