Scroll untuk baca artikel
Olahraga

Sky Lancing Lombok Jadi Primadona Atlet Paralayang Dunia

×

Sky Lancing Lombok Jadi Primadona Atlet Paralayang Dunia

Sebarkan artikel ini

LOMBOK TENGAH – Event Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC) atau Piala Dunia Akurasi Paralayang 2024 seri ke-4. Di arena SkyLancing, Mekarsari, Praya Barat, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) berjalan sukses. Tak hanya sukses penyelenggaraan, selaku tuan rumah, Indonesia juga menorehkan prestasi.

Lagi-lagi atlet Indonesia membuktikan ketangguhannya di Indonesia meraih posisi pertama dalam kategori Overall, Overall Junior U26 dan Team di PGAWC 2024.

Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menjadi tuan rumah Piala Dunia Akurasi Paralayang 2024 dari tanggal 11-14 Juli 2024 pekan ini. Sebanyak 60 pilot dari 10 negara mengikuti kejuaraan paralayang bergengsi dunia ini. Penerbangan pertama lepas landas pada Jumat pagi (12/7/2024) dan ditutup pada Minggu (14/7/2024).

Baca Juga:  Mandalika - Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival: Deretan Nama Pemenang

Dalam siaran resminya, Senin (15/7/2024), Koordinator Penyelenggara PGAWC 2024, Kolonel Penerbang Erwin Sugiandi menyampaikan bahwa Indonesia unggul di 3 kelas dari 4 kelas yang dipertandingkan dalam kejuaraan dunia paralayang bergengsi ini.

Di kelas Overall, Jordi Ansyah dan Viki Mahardika dari Indonesia merbut podium nomor 1 dan 3, sementara ada Phipatpong Sudthoop dari Thailand menyisip di podium Nomor 2.

“Atlet Indonesia meraih pencapaian yang luar biasa. Di tengah tantangan kecepatan angin yang berubah-ubah dengan cepat, atlet-atlet kita tampil prima dan membanggakan. Mereka menyapu bersih posisi pertama tiga dari empat kelas yang dipertandingkan,” ungkap Kol Pnb Erwin Sugiandi yang juga Komandan Pangkalan Udara Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Mataram ini.

Baca Juga:  PSSI Genjot Kualitas Wasit Lewat "Refer System", Ratu Tisha Turun Tangan!

Ia juga menyampaikan bahwa atlet Thailand bersaing ketat dengan Indonesia. Itu karena dukungan yang kuat dari otoritas terkait di negaranya. Tim Thailand datang dengan didampingi sendiri oleh Group Captain Veerayuth Didyasarin, Presiden Asia Federation of Aerosport (AFA) yang juga pembina paralayang di Negara Gajah Putih ini.

PGAWC 2024 yang digelar di Skylancing, Lombok Tengah juga dihadiri langsung oleh President of FAI (Fédération Aéronautique Internationale – Federasi Olahraga Udara Internasional) Uglesa Djonsic.

Pria berkebangsaan Serbia itu juga menyatakan pujian atas ketangguhan atlet Indonesia dan memuji keunggulan tapak paralayang di SkyLancing, Lombok Tengah.

“Prestasi para atlet membanggakan. Event ini berlangsung sukses pula, sampai bertemu di Jerman pada September 2024 mendatang,” ujar dia saat pengumuman pemenang PGAWC 2024.

Baca Juga:  Pengurus Provinsi PERTINA NTB Dilantik Langsung Oleh Ketua Umum Pusat PERTINA Di Tengah Pertandingan Cabor Tinju Porprov XI NTB

Sementara itu, Muhammad Akmaluddin bin Mohd. Nafi, salah seorang atlet yang diunggulkan Malaysia harus berpuas di posisi nomor 4 kategori overall sehingga belum punya kesempatan naik ke podium.

“Insya Allah di masa yang akan datang dapat beroleh champion,” berbicara pada Times Indonesia dalam dialek Malaysia.

Hasil PGAWC 2024 seri ke-4

Selengkapnya hasil perolehan juara PGAWC 2024 adalah sebagai berikut:

Kelas Overall:

1. Jordi Ansyah (Indonesia)
2. Phipatpong Sudthoop (Thailand)
3. Viki Mahardika 56960 (Indonesia)

Kelas Female:

1. Nunnapat Phuchong (Thailand)
2. Rika Wijayanti (Indonesia)
3. Xiangyan Kong (China)