Scroll untuk baca artikel
OlahragaOtomotif

MotoGP 2023 di Mandalika, MGPA Kasih Tau Cara Transportasi dan Keamanan yang Oke

×

MotoGP 2023 di Mandalika, MGPA Kasih Tau Cara Transportasi dan Keamanan yang Oke

Sebarkan artikel ini
MotoGP 2023 di Mandalika

Mandalika, NTB Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku penyelenggara MotoGP 2023 di mandalika memberikan penjelasan tentang Penyelanggaraannya.

Bertempat di Pertamina Mandalika International Circuit, pada 13-15 Oktober 2023 mendatang. Memberikan penjelasan terkait transportasi dan keamanan penonton yang akan menyaksikan balapan motor kelas dunia tersebut.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan berbagai instansi dan pihak terkait untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan penonton saat MotoGP 2023 berlangsung.

“Semua bentuk layanan, pengamanan dan lalu lintas akan dibagi menjadi dua, yakni di luar kawasan sirkuit dan di dalam kawasan Sirkuit Mandalika,” ujar Priandhi, Sabtu (23/9/2023).

Transportasi Penonton

Priandhi menjelaskan bahwa akan menyediakan transportasi penonton dalam dua bentuk, yaitu bus dan shuttle.

Baca Juga:  Babinsa Kodim 1606 Mataram Dukung Pengamanan Konser Pesta Rakyat Go To MXGP Lombok 2023

Bus akan mengangkut penonton dari titik-titik penjemputan di luar kawasan Mandalika ke titik-titik parkir di dalam kawasan Mandalika. Layanan bus ini akan dikelola oleh Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bekerja sama dengan berbagai pelaku atau asosiasi transportasi.

Shuttle akan mengangkut penonton dari titik-titik parkir di dalam kawasan Mandalika ke pintu-pintu masuk Sirkuit Mandalika. Layanan shuttle ini akan dikelola oleh MGPA bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi NTB.

“Kami berharap dengan adanya layanan transportasi ini, penonton dapat menikmati MotoGP 2023 dengan nyaman dan aman,” kata Priandhi.

Lalu Lintas

Priandhi juga menjelaskan bahwa pengaturan lalu lintas juga akan membaginya menjadi dua, yaitu di luar kawasan Mandalika dan di dalam kawasan Mandalika.

Baca Juga:  Justin Hubner Merapat ke Qatar, Perkuat Lini Belakang Timnas U-23 di Piala Asia!

Di luar kawasan Mandalika, pengaturan lalu lintas sepenuhnya oleh Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB). Bertugas mengawal arus kendaraan dari dan menuju kawasan Mandalika.

Di dalam kawasan Mandalika, pengaturan lalu lintas oleh MGPA bekerja sama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Mendapat pendampingan dari Polda NTB yang bertugas mengatur arus kendaraan di dalam kawasan Mandalika.

“Kami berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan lalu lintas lancar dan tertib selama MotoGP 2023,” ucap Priandhi.

Keamanan

Priandhi juga menambahkan bahwa keamanan juga menjadi prioritas utama MGPA dalam menyelenggarakan MotoGP 2023 di Mandalika. Ia mengatakan bahwa keamanan dibagi menjadi tiga tingkat, yaitu keamanan umum, keamanan khusus dan keamanan sirkuit.

Baca Juga:  Michelin Merayakan Kemenangan Ke-500 di MotoGP™ di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023

Keamanan umum meliputi keamanan di luar kawasan Mandalika yang sepenuhnya oleh Polda NTB, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan berbagai aparat keamanan lainnya. Yang bertugas menjaga ketertiban dan kestabilan wilayah.

Keamanan khusus meliputi keamanan di dalam kawasan Mandalika. Pengelolaannya oleh Polda NTB bekerja sama dengan ITDC, MGPA, desa penyangga, organisasi masyarakat dan lainnya. Bertugas menjaga ketertiban dan keselamatan di dalam kawasan Mandalika.

Keamanan sirkuit meliputi keamanan di dalam pagar Sirkuit Mandalika. Oleh MGPA bekerja sama dengan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), Dorna Sports dan lainnya. Bertugas menjaga ketertiban dan keselamatan di dalam sirkuit.