Scroll untuk baca artikel
Olahraga

Mantan Atlet Gulat Nasional NTB Pimpin Kejuaraan di Thailand

×

Mantan Atlet Gulat Nasional NTB Pimpin Kejuaraan di Thailand

Sebarkan artikel ini

Mataram – Putra terbaik Nusa Tenggara Barat (NTB) Herlambang memimpin kejuaraan Asia Gulat Championship pada bulan Juli tanggal 13-24 juli di Thailand.

Undangan memimpin kejuaraan Internasional ini didapatkan menjelang proses pemantapan prestasi olahraga di Provinsi NTB khususnya menjelang sebagai tuan rumah PON 2028

Herlambang yang juga Mantan atlet Gulat Nasional Indonesia dari Pengprov PGSI NTB di tunjuk langsung federasi Gulat dunia untuk memimpin Kejuaraan tersebut.

Bukan hanya memimpin pertandingan, namun pada kesempatan tersebut Herlambang juga akan di minta mengikuti Kenaikan Kelas Wasit Dunia (United World Wrestling).

Saat ini Herlambang menjadi wasit internasional Category III. Jika naik kelas berarti menjadi wasit Internasional Category II Federasi Gulat Dunia.

Baca Juga:  Sirkuit Mandalika, Disebut Merupakan Salah Satu Sirkuit Terbaik MotoGP secara Teknis

Menurut herlambang kegiatan ini sangatlah penting. Karena bila ingin membina olahraga dengan baik, harus bisa memahami semua peraturan pertandingan dan mengetahui perkembangan dunia.

“Ketika berlaga di internasional atlet kita tidak canggung dan juga wasit kita bisa menerapkan ilmunya,” ujar Herlambang, Minggu (9/6/2024).

Menurut mantan juara gulat Asia ini, partisipasi di kejuaraan Level Internasional tentu akan tahu peraturan terbaru teknik serta peta kekuatan lawan.

“Kita bisa menyalurkan itu semua di negara kita khususnya di Provinsi kita bernaung,” ujarnya.

“Sesuai dengan Visi misi Bapak Ketua Pengurus Gulat NTB yaitu Kapolda NTB Irjen Umar Faroq , saya sebagai binaan beliau nasehat dari beliau adalah harus siap dan konsisten dalam Proses peningkatan Gulat di Provinsi NTB,” katanya.

Baca Juga:  62 Tim sePulau Lombok Siap Meperebutkan Perang Bintang Piala Bupati Cup 2023

Dalam kejuaraan Internasional ini, peraturan Gulat dunia, ada namanya Lisensi atlet, Wasit , Pelatih. Lisensi tersebut sejumlah 100 CHF per tahun yang nantinya akan dibayarkan dari dirinya kepada federasi gulat dunia.

Kemudian akomodasi dan biaya ujian naik kelas itu sejumlah 100 CHF untuk ujian, 180 CHF perhari untuk akomodasi selama di tempat perhari.

“Hal hal seperti ini, tentunya bukan hanya menjadi tanggung jawab Pengprov Gulat NTB, sangat dibutuhkan dukungan dari KONI NTB,” kata Herlambang.

Herlambang mengaku sangat antusias sekali mendapat kesempatan ini. Karena pastinya ini sangat bermanfaat bukan hanya sebagai pengetahuan atau pengalaman pribadinya, tapi sangat bermanfaat bagi Kemajuan Gulat di NTB.

Baca Juga:  36 Pemain Muda Bersaing di JIS Demi Garuda Nusantara di Ajang Internasional

“Saya berharap, pemerintah daerah NTB dapat mendukung Ketua Gulat NTB Irjen Raden Umar Faroq yang ingin memajukan olahraga cabang olahraga gulat NTB,” pungkasnya.