Menekan Angka Penularan Covid – 19 Di Lotim, Pemdes Kembang Kuning Buat Bale Isolasi Konsep Home Stay

RUMAH ISOLASI YANG DIKONSEP SEPERTI HOME STAY

perisainews.com – Setelah munculnya Wabah Covid – 19, banyak Istilah – istilah yang muncul, Sebut saja Social Distancing, Work From Home, hingga Isolasi dan Karantina. Namun dari istilah yang digunakan tersebut, istilah Isolasi menjadi hal yang paling ditakutkan masyarakat. Pasalnya, bayangan tinggal menyendiri, membosankan hingga fasilitas seadanya yang tidak membuat nyaman membuat Orang Dalam Pemantauan(ODP)  tambah stres jika harus diisolasi.

Namun bayangan tidak mengenakan tersebut ditepis oleh Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur. Desa yang juga dikenal dengan Desa Wisata ini justru membuat tempat Isolasi bagi ODP layaknya homestay. Bangunan dengan dua kamar tidur ini dirancang dengan desain layaknya penginapan sewaan yang banyak terdapat di desa itu. Material bangunannya pun dipilih dari bedek, kayu dan beratap ilalang yang di tata rapi sehingga memberikan kesan sejuk dan homey (nyaman)

Banner Iklan Aruna

Tidak hanya bangunan yang dirancang layaknya penginapan, lokasi isolasi bagi ODP yang dinamakan Bale Isolasi desa Kembang Kuning, juga dilengkapi dengan standar protokol kesehatan pencegahan penularan Covid – 19.

” Bale Isolasi ini kita siapkan supaya memberikan rasa nyaman bagi ODP yang di rawat disini. Sejauh ini belum ada ODP di desa kami, tapi ini adalah langkah antisipasi supaya kita tidak gagap dan penanganan cepat dilakukan, ” papar Kepala desa kembang Kuning H.Lalu Sujian.

Pemerintah desa setempat juga meyakini, jika  tempat isolasi sudah nyaman, maka akan mempercepat proses penyembuhan bukan malah tambah membuat stres ODP. SDM untuk mendampingi ODP yang menjalani masa isolasi juga telah dibentuk oleh desa Kembang Kuning beranggotakan tenaga Pustu, Kader, Bidan desa dan melibatkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Kotaraja

Adanya Bale Isolasi Desa Kembang Kuning juga semakin memantapkan Kembang Kuning  sebagai Kampung Sehat dan siap kembali menerima wisatawan dalam Era New Normal.

Kapolres Lombok Timur ,melalui Kasubbag Humas berharap, dengan beberapa Inovasi dari Desa yang merupakan Aplikasi dari kebijakan Pemerintah, diharapkan mampu menekan angka penyebaran atau penularan Covid – 19. Contoh saja yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Kembang Kuning yang membuat Rumah Isolasi bagi Orang Dalam Pemantauan(ODP) . pungkasnya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.