Kapolres Lotim Dampingi Wakil Gubrnur NTB Hadiri Sosialisasi Dan Simulasi Rinjani menuju New Normal

perisainews.com – Personel Polres Lombok Timur melaksanakan Pengamanan KunjungN Wakil Gubernur NTB Ke Kecamatan Sembalun, kunjungan Wakil Gubernur kali ini Dalam rangka menghadiri Sosialisasi Dan Simulasi Rinjani menuju New Normal. Sabtu (27/06/20) pukul 10.30 wita.

Kegiatan Sosialisasi dan Simulasi tersebut dilaksanakan di Kantor TNGR Sembalun,dalam kegiatan tersebut  dihadiri oleh, Ditjen KSDAE RI. Wakil Gubernur  NTB Dr. Ir. Hj. Siti Rohmi Djalilah, M.Pd bersama rombongan,Dispar Provinsi NTB,Kepala Balai TNGR NTB, Kapolda NTB yang diwakili Kapolres Lotim, Bupati Lotim, Kepala Basarnas Provinsi NTB dan  Dandim 1615 Lotim serta peserta Sosialisasi dan Simulasi.

Banner Iklan Aruna

Dalam sambutannya Bupati Lotim H.M. Sukiman Azmi, MM, kami akan menutup jalur pendakian gunung rinjani yang tidak resmi/ilegal untuk memudahkan pendataan pengunjung apabila terjadinya benca alam, Jalur pendakian gunung rinjani yang digunakan harus satu pintu (jalur resmi), tidak boleh ada banyak jalur pendakian terlebih lagi jika itu illegal, selain itu Bupati Lotim juga Meminta ijin kepada Bapak Ditjen KSDAE agar akses jalur pendakian dibuka sampai dengan pos 4 sehingga dapat dilalui transfortasi berupa kuda dan sepeda guna mengurangi beban berat yang dipikul para porter, Adanya Travel Agen masih tidak memberikan dampak positip kepada masyarakat Sembalun sehingga banyak gued dan porter sembalun yang sifatnya hanya melihat saja, selanjutnya Bupati Lotim dalam sambutannya juga meminta kepada kepala balai agar pelaku wisata yang lain seperti gued dan porter ditertibkan seperti trapel agen yang menggunakan jalur pendakian sembalun harus menggunakan gued dan porter asal Sembalun begitu juga sebaliknya, trapel agen yang menggunakan jalur pendakian Senaru menggunakan gued dan porter dari Senaru.

Menutup Sambutannya Bupati Lotim juga mengingatkan untuk, Para pengunjung pendakian Gunung Rinjani tetap memperhatikan protokol kesehatan selama pandemi covid – 19.

Sementara itu Wakil Gubernur NTB menyampaikan bahwa, Akan melakukan perbaikan- perbaikan sehingga destinasi Rinjani yang menjadi kebanggaan dapat dirasakan oleh masyarakat luas, Pelayanan pengunjung agar tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di seluruh destinasi wisata yang ada khususnya di wilayah Sembalun.

Dalam kesempatan tersebut juga, Wakil Gubernur juga meminta masyarakat sembalun yang berada di daerah destinasi wisata harus dapat lebih memahami dan menerapkan protokol kesehatan covid-19 sehingga dapat di contoh oleh para pengunjung wisata.

Senada dengan penyampaian Buopati Lotim Wakil Gubernur NTB juga berharap supaya Jalur pendakian agar satu pintu sesuai dengan penyampaian Bupati Lotim, tidak boleh ada lagi para pendaki melalui jalur pendakian ilegal atau yang sering disebut jalur tikus.

Lebih lanjut akil Gubernur NTB juga menyampaikan bahwa Kebersihan lingkungan di jalur pendakian harus tetap dijaga dan diperhatikan dengan melakukan breaving terhadap para pengunjung serta Pariwisata dan kelestarian alam harus ditingkatkan.

Kapolres Lotim melalui Kasubbag Humas beerharap dengan adanya beberapa upaya yang telah dilakukan Pemerintah Pusat, Pemprov dan Kabupaten Masyarakat Nus Tenggara Barat dan Lombok Timur pada khususnaya bisa lebih sejahtera lagi dan merasakan Dampak Fositif dari Destinasi Wisata yang dimiliki. Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.