“Kampung Sehat” Ketahanan Pangan Desa Mamben Lauk Dimasa Pandemi Covid – 19

perisainews.com – Di Masa Pandemi Covid – 19 Masyarakat Dusun Ladon mampu menghadapi masa-masa sulit, dalam usaha untuk memenuhi taraf hidupnya sehari-hari, warga masyarakat ini dapat berjuang hidup untuk memenuhi kebutuhannya dengan bertani, beternak Sapi, beternak ayam petelur , memelihara ikan nila dan berniaga dengan keterampilan membuat makanan tradisional berupa Poteng.

Dengan pencaharian yang mayoritas petani ini serta berniaga . dengan semangat, ketekunan serta kerja keras  mereka mampu menutupi kekurangan hidupnya walau di masa pandemi yang sudah berjalan beberapa waktu ini

Banner Iklan Aruna

Kampung Dusun Ladon Desa Mamben Lauk ini merupakan sebuah kampung d pimpin oleh seorang Kawil yang dulunya d sebut kadus. Dengan keuletan dan keterampilan serta kemauan sangat mendukung perekonomian masyarakat dalam hal ini di bidang usaha menengah maupun yang terbilang kecil merupakan sebagai bentuk trobosan untuk penopang perekonomian masyarakat di Kampung Dusun Ladon Desa Mamben Lauk Kecamatan Wanasaba.

Atas dukungan dari aparatur Desa setempat  dengan dibantu oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa, petugas pertanian, petugas kesehatan warga masyarakat tersebut semakin maju desa d berbagai bidang yang tersebut d atas.

– Bidang pertanian warga bertani dengan alat yang cukup modern yaitu bersifat Agrobisnis pertanian dengan menggunakan plastik penyejuk tanaman dan bertani dengan sistim pertanian yang baik dan teratur.

– Bidang perikanan warganya menggunakan lahan halaman rumah dan lahan per sawahan.

– Bidang peternakan Ayam petelur warga menggunakan lahan sawah yg cukup bagus jaraknya d atur dari pemukiman penduduk.

– Bidang peternakan Sapi menggunakan kandang kolektif dan baik

– Bidang pertanian atau dalam penanaman kangkung juga warga menggunakan kali yg airnya tetap mengalir menjadi kali produktif.

– Bidang keterampilan warga membuat Poteng yg d olah dari ubi kayu, d rebus atau d kukus dan d beri ragi tape yang d sebut Poteng .

– Bidang Kesehatan terdapat sebuah Kantor postu Pelayanan Kesehatan.

Dengan kemajuan dan kerapian tata ruang kampung ini dan menjadi kampung mandiri bisa menjadi Edukasi bagi kampung-kampung yang lain .

Kapolres Lotim melalui Kasubbag Humas Berharap, Desa – desa yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Timur, tetap memperhatikan Protokol Kesehatan demi kemaslahatan bersama.tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.