Scroll untuk baca artikel
Gaya Hidup

Mengenal Jihane Almira, Aktris dan Model Berdarah Jawa-Lebanon yang Berprestasi di Dunia Kontes Kecantikan

×

Mengenal Jihane Almira, Aktris dan Model Berdarah Jawa-Lebanon yang Berprestasi di Dunia Kontes Kecantikan

Sebarkan artikel ini
Jihane Almira, Aktris dan Model Berdarah Jawa-Lebanon
Jihane Almira, Aktris dan Model Berdarah Jawa-Lebanon

Perisainews.com – Jihane Almira Chedid adalah seorang aktris, model, filantropi, dan pemegang gelar kontes kecantikan Indonesia yang dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Pariwisata 2020. Ia juga mewakili Indonesia pada ajang Miss Supranational 2021 di Polandia, dengan gelar Miss Supranational Asia 2021, serta meraih beberapa penghargaan lainnya.

Latar Belakang dan Pendidikan

Jihane lahir di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia dari ayah Lebanon, Jihad Chedid dan ibu Jawa, Neneng (Nancy) Wulandari Chedid. Ia memiliki seorang adik laki-laki bernama Jihad Almira Chedid. Perpaduan darah Timur Tengah dan Indonesia membuat Jihane memiliki kecantikan khas yang unik. Ia memiliki rambut coklat tua dan mata coklat tua yang eksotis, sementara tinggi badannya menjulang dengan 175 cm.

Pengalamannya di dunia hiburan memulainya ketika ia berusia 12 tahun, dengan bekerja sebagai aktris dan model fesyen di Jakarta. Ia pernah bermain dalam beberapa sinetron, seperti Anak Jalanan, Cinta Anak Muda, dan Cinta Buta. Ia juga pernah menjadi bintang iklan untuk beberapa produk, seperti Pocari Sweat, Indomie, dan Samsung.

Ia menyelesaikan pendidikan SMA di Singapore Intercultural School, Bona Vista. Ia kemudian melanjutkan studinya di bidang teknologi informasi di Universitas PGRI Semarang dan desain grafis di Universitas Bina Nusantara Jakarta. Ia mengaku sebagai anak yang tomboy dan suka bermain bola basket.

Karier Kontes Kecantikan

Jihane memulai karier kontes kecantikannya dengan mengikuti ajang Guess Girl Search South East Asia 2015 bersama dengan Puteri Indonesia 2017 – Bunga Jelitha Ibrani. Ia berhasil menjadi salah satu finalis dari Indonesia. Ia juga pernah menjadi finalis Nylon magazine face off 2016.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Pemikiran yang Dalam dan Susah Ditebak

Pada tahun 2020, ia mengikuti ajang Puteri Indonesia Jawa Tengah 2020 dan berhasil menjadi pemenang sekaligus Miss Congeniality. Ia kemudian mewakili provinsi Jawa Tengah pada ajang Puteri Indonesia 2020 pada 6 Maret 2020 di Jakarta Convention Center. Di ajang tersebut, ia berhasil menjadi Runner-up 2 atau Puteri Indonesia Pariwisata 2020. Ia juga meraih penghargaan Best Evening Gown dan Runner-up 1 Puteri Berbakat.

Sebagai Puteri Indonesia Pariwisata 2020, ia mendapatkan kesempatan untuk mewakili Indonesia pada ajang Miss Supranational 2021 pada 21 Agustus 2021 di Nowy Sącz, Polandia. Di ajang tersebut, ia berhasil masuk ke dalam 12 besar finalis dan dimahkotai dengan gelar Miss Supranational Asia 2021. Ia juga meraih penghargaan Best National Costume dengan kostum bertema “The Golden Garuda” rancangan Dynand Fariz dan Miss Supra Fan-Vote.

Baca Juga:  Dai Kyokushin Karate Indonesia Ramaikan Kejurnas Grand Prix 8 Mataram  

Kegiatan Sosial

Selain berkarier di dunia hiburan dan kontes kecantikan, Jihane Almira juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan filantropi. Ia adalah salah satu Duta Majelis Permusyawaratan Rakyat yang ditunjuk oleh Ketua MPR, Bambang Soesatyo pada 12 Maret 2020. Ia juga terlibat dalam program #ActYourThoughts yang bertujuan untuk membantu anak-anak yatim piatu di Indonesia. Ia juga pernah menggalang dana untuk membantu korban bencana alam, seperti gempa bumi di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan.