Binkam  

Dari 36 Kapal, Hanya 16 Kapal yang Beroperasi di Pelabuhan Lembar, Pemuatan Logistik Tetap Dilayani

Perisainews.com – Anggota DPR RI Komisi V, Suryadi melakukan kunjungan ke Pelabuhan Penyebrangan ASDP Lembar, Rabu (13/5).

Kedatangan Suryadi ke Pelabuhan Penyeberangan ASDP Lembar ini, terkait dengan penyebaran pasca pendemi Virus Corona/Covid-19 di NTB.

Banner Iklan Aruna

Dimana Pelabuhan Lembar merupakan pintu Gerbang Keluar masuk di wilayah NTB.

KSOP Lembar H. Junaidin, SH. melaporkan bahwa terkait dengan aktivitas bongkar muat kapal di pelabuhan penyebrangan ASDP Lembar masih terpantau aman dan lancar.

“Untuk kendaraan yang memuat logistik tetap dilayani, untuk penyebrangan Lembar – Padangbai maupun sebaliknya,” ungkapnya.

Junaidin juga menyampaikan bahwa jumlah kapal keseluruhan yang ada di Pelabuhan Lembar sebanyak 36 kapal.

“Dari 36 kapal yang ada, sementara yang beroperasi perhari sebanyak 16 kapal, untuk pengguna jasa yang akan hendak menyebrang tetap sesuai SOP yang berlaku,” pungkasnya.

Dijelaskan bahwa, sesuai dengan ketentuan Protokoler kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh, pengisian HAC (Health Alert Card), kartu kewaspadaan maupun penyemprotan cairan disinfektan.

“Untuk para pekerja yang dari luar daerah, yang hendak pulang kampung harus dilengkapi dengan hasil tes Rafid tes dengan hasil Non reaktif,” imbuhnya.

Disamping itu, dilakukan pemantauan  dan pendataan serta pengecekan  bagi pekerja Migran Indonesia, yang datang ke NTB lewat Pelabuhan Lembar.

“Terhadap mereka tetap dilakukan pengecekan Swab di kantor Kesehatan kabupaten/kota masing-masing, hal tersebut dilakukan untuk mencegah Penyebaran Virus Corona/Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Iptu I Made Dharma Yulia Putra, S.T.K., S.I.K menyampaikan bahwa sinergitas antara instansi sudah berjalan cukup baik.

“Ini terlihat dari kegiatan-kegiatan dari personil Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dipelabuhan lembar sudah berjalan dengan baik dan sejauh ini belum terdapat kendala,” ucapnya.

GM.PT ASDP Cab.Lembar Yulianto. ST menambahkan bahwa Penyebrangan ASDP Lembar tidak melayani pengecekan Rafid Tes.

“Kami tidak menyiapkan pengecekan rapid test, pihak Pelabuhan hanya mengecek administrasi berupa surat Keterangan terkait kondisi Kesehatan pengguna Jasa penyeberangan,” terangnya.

Dilaporkan pula bahwa selama pendemi Virus Corona/Covid-19, untuk penyebrangan Lembar – Padangbai tidak ada masalah maupun kendala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.