Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Super Bike Dan Moto GP Mandalika, Polres Lotim Lakukan Latihan Pengendalian Masa

  • Bagikan

perisainews.com – Sat Samapta Polres Lotim bersama satu peleton polwan menggelar latihan pengendalian massa (dalmas) dalam rangka persiapan pengamanan Event Internasional Super Bike dan Moto GP Mandalika yang akan di gelar di sirkuit Mandalika Lombok beberapa waktu dekat ini. Kamis (9/9/21)

Kegiatan latihan dalmas tersebut dilaksanakan di lapangan Mapolres Lotim dengan di pimpin oleh Kasat Samatpa Iptu M. Irianto, S.Ip, dan di damping oleh Kasubbag Dal Ops Bag Ops Polres Lotim Iptu I Made Dewa Puja Astawa,S.H.

Sedangkan selaku instruktur dalmas dalam kegiatan tersebut adalah Danton 2 Sat Samapta Polres Lotim Aipda Rico Zagary. Adapun dalam kegiatan latihan dalmas ini diawali dengan latihan formasi dasar dalam pengendalian masa.

Kegiatan diawali dengan latihan formasi dalmas humanis oleh satu peleton Polwan Polres Lotim untuk melakukan pengendalian masa secara humanis di barisan terdepan sebagai dalmas awal. Adapun dalam hal ini dalmas humanis sangat diandalkan dalam pengendalian masa terutama jika masa di dominasi oleh kaum wanita.

Dari pengalaman yang sudah-sudah, banyak masa yang mengedepankan peran emak-emak untuk melakukan orasinya agar tidak dapat dihalangi oleh petugas kepolisian laki-laki, oleh sebab itu polwan selalu di libatkan dalam pengamanan pengendalian masa sebagai dalmas humanis.

Selanjutnya dalam latihan dalmas tersebut juga dilakukan beberapa skenario pengamanan penanganan dalam Event Internasional Super Bike dan Moto GP Mandalika, dimulai dari skenario pengamanan masa wanita yang melakaukan aksi oleh dalmas humanis, skenario pengamanan pengendalian masa oleh dalmas lanjut, skenario pengamanan di jalur keluar evakuasi vvip dan skenario pengawalan jalur evakuasi.

Kasat Samapta menjelaskan bahwa latihan dalmas sebelumnya memang rutin telah di lakukan personil Polres Lotim yang tergabung dalam pleton kerangka dan dalmas humanis oleh polwan Polres Lotim, namun dalam latihan kali ini dilakukan dengan beberapa skenario penanganan terkait dengan persiapan pegamanan Super Bike Mandalika.

“dalam latihan kali ini ada beberapa scenario pengamanan yang kami latih dan simulasikan dalam pengamanan Event Internasional Super Bike Mandalika, kami akan memikirkan jika terjadi hal terburuk sehingga kami sudah siap melakukan pengamanan dalam menghadapi hal tersebut” jelasnya.

Tidak hanya dilakukan latihan formasi dalam pengendalian masa, namun juga dilakukan latihan skenario pengawalan dengan menggunakan kendaraan dinas yang ada, baik dari kendaraan dinas R4 dan R2 Sat Samapta, Ambulan Si Dokes dan pengawalan oleh Sat Lantas Polres Lotim.

Selain itu Wakapolres Lotim Kompol Agung Asmara, S.I.K,M.I.K, dalam kesempatan tersebut juga menyempatkan diri untuk menghampiri personil yang melaksanakan latihan dalmas dan memberikan beberapa arahan terkait pelaksanaan latihan dalmas tersebut.

“saya harap semua yang terlibat dalam kegiatan latihan pengendalian masa ini tetap semangat dan laksanakan latihan dengan bersungguh-sungguh, amati dan cermati apa yang menjadi arahan instruktur dalmas” pungkasnya.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *