Scroll untuk baca artikel
DaerahTeknologi

PLN Dukung ITS Kembangkan Sepeda Motor Hidrogen

×

PLN Dukung ITS Kembangkan Sepeda Motor Hidrogen

Sebarkan artikel ini
PLN Dukung ITS Kembangkan Sepeda Motor Hidrogen

Surabaya, Tim Antasena dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil meraih pendanaan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk mengembangkan sepeda motor berbahan bakar hidrogen.

Capaian ini menandai langkah besar bagi tim riset kendaraan hemat energi yang telah berdiri sejak 2010 dalam mewujudkan visinya menciptakan transportasi berkelanjutan.

Antasena ITS, Pionir Kendaraan Ramah Lingkungan

Ketua Tim Pendanaan dari Antasena ITS, Barra Izzatur Radhi’fan, menjelaskan bahwa pendanaan ini diperoleh melalui program PLN Innovation and Competition in Electricity (PLN ICE) 2024.

Program tahunan yang diselenggarakan oleh PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan (Puslitbang) ini bertujuan mendorong inovasi di bidang ketenagalistrikan.

“Tahun ini tim kami ikut kategori sepeda motor hidrogen yang juga sesuai dengan visi kami,” terang Barra di Surabaya, Kamis (12/9/2024).

Baca Juga:  Gampang Banget! Begini Cara Mengganti Nama di TikTok

Persaingan Ketat, Antasena ITS Buktikan Keunggulan

Kategori sepeda motor hidrogen dalam PLN ICE 2024 diikuti oleh 21 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Proses seleksi yang ketat mengharuskan setiap tim melakukan penelitian riset dan pengembangan inovasi sepeda motor berbahan bakar hidrogen.

“Hingga akhirnya tim kami terpilih menjadi salah satu dari dua tim yang lolos ke tahap pendanaan di kategori ini,” ujar Barra menjelaskan proses seleksi yang kompetitif.

Sepeda Motor Hidrogen, Solusi Transportasi Masa Depan

Dalam kompetisi ini, tim Antasena ITS mengembangkan sepeda motor bertipe skuter yang nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Dengan sentuhan retro modern, sepeda motor ini mengusung konsep Smart, Safe, and Sustainable melalui berbagai fitur inovatif.

Baca Juga:  Cara Aman Pasang VPN di Laptop Windows 10, Bye-bye Blokir & Peretas

Salah satu fitur unggulannya adalah Smart Energy Control, sebuah sistem yang meningkatkan efisiensi kendaraan dengan tiga mode berkendara.

Selain itu, sepeda motor ini memiliki jarak tempuh 203 kilometer dan menggunakan Anodic Recirculation System, sebuah sistem yang mendaur ulang hidrogen terbuang menjadi sumber energi kembali.

Keamanan dan Konektivitas, Prioritas Utama

Inovasi Antasena ITS tidak hanya berfokus pada efisiensi energi, tetapi juga pada keamanan dan konektivitas.

Sepeda motor ini dilengkapi dengan fitur Global Positioning System (GPS) dan Realtime Display Mobile with Internet of Things (IoT) untuk memberikan rasa aman kepada pemilik kendaraan.

Kolaborasi dengan PLN, Langkah Menuju Masa Depan yang Lebih Hijau

Dengan pendanaan dari PLN, Barra berharap timnya dapat mengembangkan sepeda motor hidrogen sesuai rencana. Targetnya, inovasi ini dapat diluncurkan dalam dua tahun ke depan.

Baca Juga:  Rencana Rilis PlayStation 6 Berpotensi Terungkap, Berkat Microsoft

“Selain itu, kolaborasi bersama PLN ini diharapkan juga dapat dilakukan dalam riset-riset tim Antasena selanjutnya,” tambah mahasiswa Departemen Teknik Material dan Metalurgi ITS 2022 tersebut.

Antasena ITS, Inspirasi Inovasi Energi Bersih

Keberhasilan Antasena ITS meraih pendanaan PLN merupakan bukti nyata komitmen mereka dalam mengembangkan solusi transportasi ramah lingkungan.

Inovasi sepeda motor hidrogen ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk terus berkarya dan berkontribusi dalam menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan.