Binkam  

Cuaca Buruk, Kasat Polairud Polres Lombok Barat : “Personil dan Perlengkapan SAR Kami siagakan”

Personil Sat Polairud menghimbau masyarakat yang berada di pesisir pantai

persainews.com – Antisipasi cuaca buruk selama satu minggu kedepan, Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus s. Wibowo, S.I.K., melalui kasat Polairud IPDA I Gusti Made Suarjaya menyiagakan Kelengkapan SAR dan Personilnya, Jum’at. (29/05)

Cuaca buruk hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan intensitas curah hujan meningkat.

Banner Iklan Aruna

Kasat Polairud Ipda I Gusti Made Suarjaya mengungkapkan curah hujan tinggi mengakibatkan naiknya intensitas air laut pada sebagian wilayah.

“Kenaikan intensitas air laut akibat hujan disertai angin kencang ini berdampak pada keamanan masyarakat yang bertempat tinggal di pesisir pantai. Mengantisipasi hal tersebut, kami telah mensiagakan personil dan kelengkapan SAR kami dalam memperkirakan kemungkinan kemungkinan yang terjadi,” ungkapnya.

Disamping itu, Sat Polairud yang memiliki fungsi SAR disiagakan pada tempat tempat rawan terjadinya kecelakaan Laut.

Menurutnya, Sat Polairud dalam patrolinya menghimbau kepada masyarakat pesisir pantai agar lebih waspada terhadap cuaca buruk dan selalu memperhatikan lingkungan sekitar apabila terjadi peningkatan air laut.

“Patroli yang kami rutinkan selain mengawasi kenaikan air laut, juga menghimbau masyarakat pesisir untuk meningkatkan kewaspadaan sekitarnya,” lanjutnya.

Guna mengawasi perkembangan cuaca, Sat Polairud tetap lakukan koordinasi dengan BMKG guna memaksimalkan kesiapsiagaan.

Adapun kesiapsiagaan yang dilakukan, Sat Polairud telah menyiapkan beberapa unit Kapal Patroli type C2 dan C3 serta 1 unit Rober Boat.

“Disamping terus memantau perkiraan cuaca melalui BMKG kami juga berkoordinasi bersama rekan Basarnas agar dapat mencakup titik titik rawan kecelakaan laut tersebut,” lanjutnya.

Patroli yang dilaksanakan oleh Sat Polairud juga menghimbau kepada para nelayan yang akan peegi berlaut agar menunda kegiatannya hingga cuaca membaik.

Namun, apabila diharuskan untuk berlayar agar tetap mempersiapkan peralatan keselamatannya selama berlayar di Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.