Binkam  

Cegah Keributan, Polsek Labuapi Sigap Selesaiakan dengan Mediasi

Perisainews.com – Polsek Labuapi beregerak cepat menyelesaikan kesalahpahaman yang nyaris menimbulkan keributan, pada saat kegiatan adat nyongkolan (prosesi perkawinan adat sasak) antara dua dusun di Labuapi dapat dicegah oleh Polsek Labuapi, Minggu (8/9).

Kapolsek Labuapi Iptu Jahwadi Sibawaih SH, mengatakan bahwa kesalahpahaman ini akhirnya diselesaikan secara kekeluargaan, hingga tidak berkembang menjadi keributan.

Banner Iklan Aruna

“Dalam mediasi ini, dihadirkan tokoh-tokoh setempat, diantaranya perwakilan kedua dusun ini,” ungkapnya.

Kapolsek menjelaskan, kesalahpahaman ini bermula saat warga salah satu dusun melaksanakan kegiatan adat nyongkolan menuju ke Dusun lainnya, Sabtu (7/3).

Saat iringang-iringan Nyongkolan dengan menggunakan alat musik berupa satu grup kecimol (musik tradisional Lombok) bergerak menuju dusun yang dituju, di under pass Bajur beberapa pemuda mendatangi rombongan ini.

“Maksudnya akan menyambut rombongan penyongkol, terjadi salah paham karena perkataan salah satu peserta nyongkolan,” jelasnya.

Beruntung keributan dapat dicegah oleh personel Polres Lombok Barat dan Polsek Labuapi yang melaksanakan pengamanan di Lokasi.

Atas kejadian tersebut, Kapolsek Labuapi didampingi anggota mempertemukan kedua belah pihak untuk di Mediasi di Mapolsek Labuapi.

“Tujuan dilakukannya mediasi dan musyawarah ini, bertujuan untuk tetap terjaga situasi kamtibmas yang kondusif,” tandasnya.

Atas inisiasi Kapolsek Labuapi, akhirnya warga dua dusun di Labupai ini sepakat berdamai dan bersalaman.

“Kedua belah pihak sepakat menyelesaikan permasalahan tersebut secara kekeluargaan, yang dituangkan dalam surat perjanjian,” tandasnya.

Dalam kesepakatan ini kedua belah pihak sanggup di proses sesuai dengan hukum yang berlaku, bila peristiwa yang sama terulang kembali, terlebih sampai menimbulkan perkelahian.

Disamping itu disepakati pula bahwa kedua belah pihak memutuskan kedepannya tidak akan ada kegiatan nyongkolan, namun hanya dengan Bejangu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.