Bupati Lobar: Stok Kebutuhan Pokok di Lombok Barat Masih Stabil

Perisainews.com – Forkopimda Kabupaten Lombok Barat Lobar melakukan pertemuan membahas perkembangan upaya pencegahan penyebaran virus corona ( covid 19 ), Kamis (19/3).

Bertempat di Ruang Rapat Jayangrane Kantor Bupati Lobar, Rapat Forkopimda dihadiri oleh Bupati Lobar Haji Fauzan Khalid S.Ag M.Si, Ketua DPRD Kab Lobar Hj Nurhidayah SE, Kapolres Lobar AKBP Bagus S. Wibowo SIK, Perwakilan Forkopimda Kabupaten Lombok Barat.

Hadir pula Sekda Lobar, Asisten 1, Asisten 2, Asisten 3, GM Pelindo, Kacab ASDP, Semua Kepala OPD dan Camat yang ada di Ruang Lingkup Pemkab Lobar.

Sekda Lobar DR. Baihaqi. MPD.MM mengatakan bahwa saat ini Pemkab Lobar sedang melakukan pemantauan harga.

Banner Iklan Aruna

“Sampai saat ini harga masih stabil, untuk stok beras masih cukup dan tersedia,” ungkapnya.

Namun demikian untuk untuk stok gula yang masih kurang sehingga Pemda Lobar akan membuat surat edaran untuk menjaga ketersediaan pangan.

Bupati Lombok Barat Haji Fauzan Khalid S.Ag M.Si, menyampaikan bahwa Persiapan pencegahan penyebaran virus cirona (Covid 19) relatif lancar.

“Sampai saat ini tidak terjadi kepanikan, tetapi Satgas harus melakukan persiapan rencana aksi, terkait pencegahan penyebaran covid 19,” ungkapnya.

Terkait tentang Ketersediaan stok barang apabila terjadi panic buying perlu mendapat perhatian, sehingga dapat dilakukan langkah yang tepat untuk mengantisipasinya.

“Kondisi stok barang berupa beras masih tersedia, setiap tahun dialokasikan 100 ton,” terangnya.

Langkah yang dilakukan yaitu berkoordinasi dengan pihak bulog, terkait langkah antisipatif dan Melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga.

“Terkait sosialisasi, sudah melibatkan camat dan muspika melalui mobil keliling sedangkan Alokasi anggaran untuk kepentingan penanganan covid 19 sudah ada surat edaran dari Mendagri,” imbuhnya.

Upaya pencegahan masuknya virus corona / covidq9, Pemda Lobar telah melakukan disinfektan pada fasilitas perkantoran dan fasilitas publik lainnya.

Sementara itu, Kapolres Lombok Barat, AKBP Bagus S. Wibowo, SIK., mengatakan bahwa Penekanan Kapolri dalam rangka penyebaran covid 19 dengan memperbanyak sosialisasi.

“Melakukan upaya pencegahan baik dilingkungan Polri maupun ditengah masyarakat mengenal pencegahan covid 19 melalui upaya kebiasaan hidup bersih, sehat dan gemar berolahraga,” ujarnya.

Disamping itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Polres Lobar selalu memantau perkembangan harga bahan pokok, meningkatkan kegiatan patroli di malam hari di jalur jalur yang dianggap rawan,” katanya.

Sementara itu GM ASDP memaparkan bahwa telah dilakukan pencegahan penyebaran covid 19 bersama dengan pihak Kepolisian, TNI dengan membuat SOP di Pelabuhan Lembar.

“Untuk mengantisipasi telah menyiapkan masker, sarung tangan serta menyiapkan ruang sosialisasi sementara sebelum dirujuk ke fasilitas kesehatan,” katanya

Ketua DPRD Lobar, Hj Nurhidayah SE mengatakan bahwa Pemda sudah mengambil sikap tanggap terhadap pencegahan penyebaran covid 19 terutama kesiapan rumah sakit.

“Pihak legislatif mendukung semua langkah Pemda dalam rangka upaya pencegahan termasuk dukungan dana,” ungkapnya

Sementara itu dari pihak Kejaksaan Negeri Mataram mengatakan bahwa, aktivitas perkantoran dilingkungannya tidak diliburkan, tetapi melakukan upaya pencegahan melalui penerimaan tamu secara selektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.