Beri Edukasi Kenakalan Remaja Pada Istri Anggota Kodim 1606/Mataram, Ketua KCK Cabang XXV Dim 1606/Mataram Berharap Jadi Contoh

Mataram, PerisaiNews – Anggota Persatuan Istri Tentara (Persit) Candra Kirana Cabang XXV Dim 1606/Mataram Koorcab Rem 162 PD IX/Udayana laksanakan pertmuan bulanan dengan agenda pembahasan “Kenakalan Remaja Jaman Sekarang” yang berlokasi di Aula Makodim 1606/Mataram, Jalan Pejanggik No. 7, Kota Mataram, Senin (29/11/2021).

Ketua Persit Candra Kirana Cabang XXV Dim 1606/Mataram Ny. Dewi Gunawan menjelaskan kepada anggota yang mengadiri kegiatan tersebut, “Masa remaja, adalah masa dimana seorang manusia sedang berada dalam pencarian jati dirinya, ingin mengenal siapa dirinya sebenarnya. Seorang manusia dikatan remaja, jika ia sudah menginjak usia 17 tahun. Dan dalam usia ini, seorang manusia mengalami masa yang dinamakan masa pubertas. Saat pubertas, biasanya manusia ingin mencoba segala suatu yang baru dalam hidupnya, muncul berbagai macam gejolak emosi, dan banyak timbul masalah baik dalam keluarga maupun lingkungan sosialnya,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, “Bentuk kenakalan remaja banyak sekali, antara lain : Narkoba, free sex, tawuran, pergaulan bebas, dll. Kenakalan remaja kebanyakan dilakukan oleh mereka yang gagal dalam mengembangkan emosi jiwanya, mereka tidak bisa menahan diri terhadap hala baru yang masuk ke dalam dirinya, yang menimbulkan sikap yang tidak seharusnya dilakukan. Kenakalan remaja adalah wujud dari konflik yang tidak terselesaikan dengan baik pada masa kanak-kanak maupun pada saat remaja,” jelasnya.

“Penyebab Kenakalan Remaja yakni Perilaku ‘nakal’ remaja bisa disebabkan oleh faktor dari remaja itu sendiri (internal) maupun faktor dari luar (eksternal). Faktor yang paling mempengaruhi hal tersebut yakni Faktor eksternal salah satunya yang berasal dari keluarga Seperti Perceraian orangtua, tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga, atau perselisihan antar anggota keluarga bisa memicu perilaku negatif pada remaja. Pendidikan yang salah di keluarga pun, seperti terlalu memanjakan anak, tidak memberikan pendidikan agama, atau penolakan terhadap eksistensi anak, bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja, serta Kurangnya pengawasan terhadap anak (baik aktivitas, pertemanan di sekolah ataupun di luar sekolah, dan lainnya.” Tambahnya.

Lebih lanjut Ny. Dewi Gunawan berpesan kepada anggota Candra Kirana Cabang XXV Dim 1606/Mataram bagiamana Cara Mengatasi Kenakalan Remaja tersebut di antaranya, “Perlunya kasih sayang dan perhatian dari orang tua dalam hal apapun.karena dengan adanya rasa kasih sayang dari orang tua maka anak akan merasa diperhatikan dan dibimbing.dan dengan kasih sayang itu pula akan mudah mengontrol remaja jika ia mulai melakukan kenakalan. Pengawasan yang perlu dan intensif terhadap media komunikasi seperti TV, Internet, Radio, Handphone dan lain- lain, serta Perlunya pembelajaran agama yang dilakukan sejak dini seperti beribadah dan mengunjung tempat ibadah sesuai dengan iman dan kepercayaannya. Inilah yang harus kita perhatikan sebagai istri-istri prajurit bagiamana cara kita mendidik anak sehingga tidak menjadi anak yang di cap nakal oleh orang lain dan Tanamkan kepada anak2 kita, nilai nilai agama yang kuat dan teruslah berbuat baik kepada siapapun karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain.”Tutupnya. (YL)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *